Manfaat Wortel

Advertisement
Manfaat wortel. Wortel merupakan tanaman semusim yang dapat tumbuh di daerah beriklim sejuk. Umbi wortel banyak digunakan sebagai sayur yang dicampur dengan bahan lainnya.

Dalam wikipedia.org disebutkan bahwa Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

manfaat wortelWortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.

Manfaat Wortel
Wortel memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat wortel terkandung karena tanaman yang sering dimakan segar atau dijus ini ternyata memiliki senyawa kimia yang berguna bagi tubuh. Zat tersebut adalah karbohidrat, lemak, serat, nutrisi anti kanker, pektin, mineral, vitamin, beta karoteen yang merupakan antioksidan yang dapat menghambat terjadinya proses penuaan dan penghambat/anti kanker. Baca juga: Manfaat mengkudu.

Beberapa resep dengan berbahan dasar wortel

Manfaat Wortel untuk Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari. Manfaat ini seperti khasiat buah kurma yang dapat mencegah terjadinya stroke.

Manfaat Wortel untuk Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Manfaat Wortel untuk Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.


Manfaat Wortel untuk Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Manfaat Wortel untuk Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Manfaat Wortel untuk Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

Manfaat Wortel untuk Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

Demikian seabrek manfaat wortel, silahkan di bookmark jika sewaktu-waktu mungkin anda membutuhkan resep ini. Semoga bermanfaat. Info lebih penting lainnya silahkan dilihat manfaat minum jus.

Reference: Mengenal Tanaman Obat Dan Khasiatnya, Nakita, - hanyawanita.com

Manfaat Wortel | Engkus Kusmana | 5