Khasiat Brotowali

Advertisement
Khasiat Brotowali - Brotowali memiliki banyak sekali khasiat, diantaranya kandungan bahan yang terdapat dalam brotowali ini bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, demam, kencing manis (diabetes mellitus), luka, badan gatal-gatal, dan penambah nafsu makan.

Bagian tanaman dari brotowali yang digunakan adalah bagian kulit, batang, dan daun.

Tanaman ini terkenal memiliki rasa sangat pahit. Namun jika melihat khasiatnya yang luar biasa, tentu kita jangan sungkan untuk meminumnya.

Berikut ini beberapa contoh pemakaian ramuan dengan memanfaatkan khasiat brotowali.

1. Rheumatik : 1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, ditambah madu secukupnya, minum. Sehari 3 x 1/2 gelas.

2. Demam kuning (icteric) : 1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum dengan madu secukupnya. Sehari 2 x 3/4 gelas.

3. Demam : 2 jari batang brotowali direbus dengan 2 gelas air, sampai menjadi 1 gelas. Setelah dingin, diminum dengan madu secukupnya. Sehari 2x 1/2 gelas.

4.Kencing manis : 1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, 3/4 jari ± 6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Diminum setelah makan, sehari 2 X 1 gelas.

Khasiat Brotowali dan manfaat brotowali

5.Kudis (scabies) : 3 jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri, dicuci dan ditumbuk halus, diremas dengan minyak kelapa seperlunya. Dipakai untuk melumas kulit yang terserang kudis. Sehari 2 x.

6.Luka : Daun brotowali ditumbuk halus, letakkan pada luka, diganti 2 x perhari. Untuk mencuci luka, dipakai air rebusan batang brotowali.

Itulah beberapa contoh pemakaian ramuan yang terbuat dari bahan utama brotowali. Semoga bermanfaat postingan tentang khasiat brotowali.
Advertisement
Khasiat Brotowali | Engkus Kusmana | 5