Brain Gym

Brain gym merupakan permainan otak, salah satunya yaitu senam otak. Senam otak sangat mudah dilakukan diantara aktivitas anda sehari-hari. Brain gym atau senam otak ini hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 3 menit saja. So, tidak pake lama ya..., selain tidak memerlukan tempat luas seperti lapangan sepakbola..:D

Sebagai pemula, Anda bisa melakukannya lewat gerakan sederhana sambil melakukan kegiatan sehari-hari. “Senam ini bisa dilakukan tanpa waktu khusus. Sambil nonton televisi juga bisa,” ujar Dra. Hj. Kartika Sapardjiman, Pimpinan Kelas Brain Gym di Rumah Sakit Kartika, Pulo Mas, Jakarta Timur. T


Senam otak atau brain gym banyak cara dan gerakannya. Di sini saya akan mengenalkan cara yang paling mudah anda lakukan dan tidak membutuhkan keterampilan yang ekstra.

Gerkan Silang
Lakukan gerakan menyilang (bisa sambil berayun) dan variasinya sebagai berikut, jika tangan kanan menyilang ke kiri, lakukan gerakan kaki kiri menyilang ke arah sebaliknya yaitu kanan.

Gerakan Menarik Napas
Gerakan menarik napas bisa anda lakukan di belakang meja kerja. Tarik napas secara perlahan dan dalam. kemudian tahan. dan terakhir lepaskan/keluarkan napas secara pelahan. Semua gerakan menarik menahan dan melepaskan kira-kira dilakukan dalam waktu sepuluh hitungan.

Gerakan menarik napas ini layaknya bersemedi dengan menggunakan pernapasan segi tiga. Untuk itu lakukan dengan relaks dan tenang, bila perlu gerakan dilakukan sambil memejamkan mata.

Banyak lagi contoh-contoh gerakan senam yang bisa membuat anda cerdas dan sehat jika dilakukan secara rutin dan konsisten.