Cara Membuat Wedang Jahe

Advertisement
Cara Membuat Wedang Jahe. Manfaat jahe bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Untuk itu saya coba posting cara membuat wedang jahe sebagai minuman untuk kesehatan. Bahan utama pembuat wedang jahe ini adalah jahe. Dan tentu saja sobat tidak perlu khawatir bahwa untuk membuat wedang jahe ini tidak memerlukan keahlian khusus. Artinya sangat mudah... :D


Berikut cara membuat wedang jahe, yang dipastikan siapapun akan bisa membuatnya:

  1. Siapkan seruas jari rimpang jahe. Cara memilih jahe adalah sobat harus memilih yang tua karena banyak seratnya dan kandungan minyak atsirinya tinggi.
  2. Cuci bersih tapi jangan sampai dikupas kulitnya. Lalu tiriskan atau angin-anginkan supaya agak kering sedikit.
  3. Lalu setelah ditiriskan, bakarlah jahe di atas api seperti membakar sate. Atau bisa juga dioven. Pembakaran atau peng-oven-an ini hingga jahe benar-benar matang. Cirinya matang, si jahe sudah agak berubah warna dan kulitnya agak gosong.
  4. Setelah dibakar, jahe dimemarkan hingga memar betul, ya!
  5. Masukkan ke gelas lalu seduh dengan air panas. Tambahkan gula merah, madu, atau gula batu secukupnya. Jangan gunakan gula pasir karena gula pasir bisa menghambat penyerapan zat-zat kandungan jahe. Dan khusus madu, jangan masukkan pada saat temperatur air masih panas, tapi masukkan ketika air sudah agak hangat-hangat kuku karena jika terlalu panas, zat-zat yang dikandung dalam madu akan hilang atau berkurang.
  6. Wedang jahe siap dinikmati.

Mudah, bukan? Oke, selamat mencoba membuat wedang jahe sebagai minuman kesehatan.

Cara Membuat Wedang Jahe | Najla Alliya | 5