Mengobati Flu dan Pilek Pada Bayi Dengan Kemukus

Advertisement
Apabila bayi dan anak anda menderita flu dan pilek, obati saja dengan kemukus dan kencur. Mungkin sebagian orang merasa asing dengan tanaman kemukus ini. Tapi sebenarnya sangat mudah didapat.Baiklah saya jelaskan sedikit ya?


Kemukus ( “ Piper cubeba L.F “ ) Nama Indonesia : Kemukus, English: Cubeb pepper, ( “ Melayu: Kemukus” ) adalah tanaman yang tergolong dalam genus Piper, yang ditanam untuk diambil buah dan minyak atsirinya. Tanaman ini berasal dan banyak ditanam di Jawa dan Sumatera, sehingga disebut juga sebagai lada jawa atau cabe jawa ("Java pepper"). (Sumber: id.wikipedia.org/wiki/Kemukus).

Buah kemukus kering digunakan sebagai bumbu rempah dalam masakan, terutama masakan Indonesia.

Daun dan buah kemukus seperti gambar di samping. Gambar diambil dari id.wikipedia.org.

Kencur bagi sebagian orang pasti sudah mengenalnya. Anda bisa mendapatkan kedua jenis bahan tersebut dengan mudah di pasar tradisional.

Lalu bagaimana cara membuat ramuan  untuk mengobati pilek dan flu pada bayi dan anak-anak tersebut?

Oke, cara membuatnya sebagai berikut. Ambillah 10 biji kemukus dan sepotong kencur kira-kira sebesar ibu jari telunjuk. Lalu tumbuklah kedua bahan ini sampai halus, kemudian berilah sedikit air, dan aduk hingga merata.

Cara pemakaiannya yaitu tinggal mengoleskan air ramuan yang telah anda buat tersebut pada lubang hidung si bayi, sedangkan ampasnya ditempelkan secukupnya di ubun-ubunnya.

Semoga membantu!

(Ket: Gambar bayi diambil dari health.detik.com)

Mengobati Flu dan Pilek Pada Bayi Dengan Kemukus | Najla Alliya | 5