Cegah Kantuk Dengan Sarapan Karbohidrat Kompleks

Artikel ini kali bertentangan dengan tulisan tentang karbohidrat kompleks untuk mengatasi insomnia. Ehhh.. tahunya postingan ini malah berjudul cegah kantuk dengan sarapan karbohidrat kompleks. Apa yang salah? Mari kita simak. Sarapan yang salah bisa mengakibatkan metabolisme terganggu, salah satunya mengantuk. Konsumsi karbohidrat kompleks pada saat sarapan dapat mencegahnya.


Semua orang tahu dan setuju bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Hal ini dikarenakan sel-sel dalam tubuh memerlukan asupan energi kembali setelah habis digunakan pada saat tidur.

“Jangan dikira tidur tidak membutuhkan energi, organ-organ dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru akan mengambil cadangan energi dalam tubuh untuk digunakan dalam metabolismenya,” ujar Dr Alexander Halim Santoso, Head of Medical Nutrition Services Nestle Indonesia Rabu (22/7/2009).

Untuk itulah sarapan sangat diperlukan untuk memberi asupan energi kembali bagi tubuh. Namun jangan sampai sarapan hanya dijadikan kegiatan ‘balas dendam’, karena semalamnya kelaparan.

“Yang ada perut malah kekenyangan, konsentrasi berkurang dan metabolisme kacau, yang ditandai dengan gejala mengantuk,” ujar Dr Alex. Namun gejala tersebut tidak akan terjadi jika mengonsumsi karbohidrat kompleks pada saat sarapan.

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang tersusun dari gula-gula kompleks, bukan gula sederhana seperti gula pasir atau sukrosa. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari gandum, jagung, kentang atau ubi-ubian.

“Berbeda dengan gula sederhana, karbohidrat kompleks akan melepaskan energi secara berkala sepanjang hari, sehingga perut tidak akan langsung kenyang setelah makan. Hal ini dapat mencegah kantuk yang biasanya muncul setelah kenyang,” jelas Dr Alex.

Menurut Dr Alex, otak mengandalkan glukosa untuk berpikir dan bekerja. Namun kebanyakan mengonsumsi glukosa justru akan memicu rasa kantuk karena glukosa yang masuk ke dalam tubuh akan cepat dipecah karena unsurnya yang sederhana.

“Jika cadangan glukosa sudah habis, artinya tidak ada lagi bahan bakar dan akibatnya tubuh jadi lemas, mengantuk jika tidak segera diisi lagi. Disinilah peran karbohidrat kompleks dibutuhkan,” ujar Dr Alex.

“Kita tentunya tidak ingin rasa kantuk datang disaat memulai aktivitas, oleh karena itu sarapan di waktu yang tepat (jam 6 atau 7 pagi), nutrisi yang tepat (mengandung karbohdrat kompleks) dan jumlah yang tepat adalah cara yang paling baik mengatasinya,” saran Alex.

http://health.detik.com
Gambar dari: http://healthylifejournal.org/