Tips Menjaga Jantung Sehat

Tips Menjaga Jantung Sehat - Selain dengan mengetahui makanan untuk jantung sehat, perlu juga kiranya mengenali tips-tips lainnya yang berhubungan dengan masalah jantung sehat. Ingtlah, betapa pentingnya mengenali faktor yang menyebabkan resiko terkena serangan jantung, baik teman kita atau saudara kita. Dengan demikian, kemampuan memelihara agar terhindar dari resiko serangan jantung lebih waspada. Berikut ini beberapa tips menjaga jantung sehat.

  • Selalu menjaga keseimbangan berat badan dalam batas normal. Dengan berat badan normal maka daya pacu jantung akan lebih ringan.
  • Lakukan olah raga secara teratur. Karena olah raga akan melatih daya pacu jantung dan peredaran darah. Pada saat olahraga peredaran darah akan berjalan cepat dan akan mengangkut semua racun yang di dalam tubuh. Lari ringan atau jalan kaki selama 30 menit yang dilakukan rutin setiap hari (10 menit yang dilakukan dalam sehari) sangat bagus untuk kesehatan jantung. jalan kaki cepat 10 menit 3 kali sehari dapat membakar jumlah kalori yang sama dengan berolah raga 30 menit, selain itu juga bsa menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan Kadar kolesterol baik HDL.
  • Jaga kolesterol dalambatasan normal. Jika anda merasa ber-kolesterol tinggi maka konsultasikan dengan dokter.
  • Minum jus buah. Semua Jus dengan 100% buah mengandung nutrient pelindung jantung yang sama dengan sayuran, dengan contoh jus tomat 230ml sama dengan 2 saji sayuran. Jadi apabila kita jarang mengkonsumsi sayuran bisa di gantikan dengan jus buah, pastinya lebih menyegarkan. Tapi akan lebih baik jika tetap mengkonsumsi sayur.·  
  • Apabila kita mengalami kurang tidur di malam hari, kita bisa menggantinya dengan tidur siang 30 menit setiap hari. Mungkin bisa di lakukan saat istirahat untuk yang bekerja. Berdasar hasil sebuah studi, tidur siang 30 menit setiap hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 37% dengan menurunkan kadar hormon penyebab stres. Kalaupun tidak punya waktu sebanyak itu, tidur siang dengan waktu yang lebih singkat masih bisa menurunkan resiko penyakit jantung sekitar 12%.
  • General chek up, cheklah kesehatan anda secara rutin… dengan mengkonsultasikan kesehatan anda ke dokter, maka kesehatan akan lebih terjamin.
  • Melakukan rileksasi. Hal ini dimkasudkan agar detak jantung kesehariannya berjalan secara normal seperti biasa.
Referensi:
http://cozyeslife.blogspot.com/2010/01/kiat-menjaga-jantung-sehat.html
http://www.lifestyle.dnaberita.com/15%20November%202009%20Life%20Style%20Jantung.php