Mengapa antibiotik harus dihabiskan?

Advertisement
Mengapa antibiotik harus dihabiskan, padahal saya sudah merasa lebih baik? Itu mungkin salah satu pernyataan sekaligus pertanyaan yang sering dilontarkan pasien. Pertanyaan ini sering muncul, namun kita selalu mengabaikannya untuk mendapatkan jawaban yang sebenarnya. Acapkali dokter pun tidak pernah menjelaskan alasan mengapa antibiotik harus dihabiskan. Maybe kita tidak mau bertanya ya?

Sebenarnya kenapa obat golongan ini harus dihabiskan saat mengkonsumsinya? Jawabannya cukup singkat, karena kemungkinan masih ada bakteri yang hidup dan berkembang biak sehingga bisa kembali menginfeksi tubuh. Oleh karena itu, obat golongan ini harus dikonsumsi sesuai dengn resep yang diberikan.Pengobatan tidak boleh dihentikan walaupun tubuh sudah merasa lebih baik, hal ini selain ada kemungkinan bakteri masih bisa hidup dan berkembang biak, juga bisa menyebabkan timbulnya resistensi bakteri.


Resistensi ini timbul apabila bakteri yang masih hidup bermutasi dan memiliki kemampuan baru untuk menolak antibiotik yang diberikan. Dengan kata lain, antibiotik yang sebelumnya mempan terhadap suatu bakteri menjadi tidak mempan lagi. Hal ini mengharuskan bakteri tersebut untuk dibasmi menggunakan antibiotik lain. Apabila hal ini terus terjadi, akan timbul suatu generasi bakteri yang tidak mempan oleh antibiotik sehingga akan sulit untuk memilih terapi yang tepat.

Itulah alasan kenapa antibiotik harus dihabiskan.

http://www.serambisehat.com/content/antibiotik-harus-dihabiskan

Mengapa antibiotik harus dihabiskan? | Najla Alliya | 5