Anyang-anyang (Infeksi saluran kemih)

Anyang-anyang atau bahasa kerennya infeksi saluran kemih dicirikan dengan sering kencing namun sedikit disertai dengan rasa nyeri pada saat kencing. Anyang-anyang terkadang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Hal ini disebabkan karena saluran uretra perempuan lebih pendek (sekitar 3-5 centi meter). Berbeda dengan uretra laki-laki yang panjang, sepanjang penisnya, sehingga kuman sulit masuk.

Anyang-anyang bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun, sehingga bakteri alat kelamin, dubur atau dari pasangan (akibat hubungan intim) masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri itu kemudian berkembang biak di saluran kemih sampai ke kandung kemih, bahkan bisa sampai ke ginjal.

Tips untuk mengatasi agar anyang-anyang tidak lebih parah, coba anda usahakan untuk buang air seni pada waktu bangun di pagi hari. Buang air seni dapat membantu mengeluarkan bakteri dari kandung kemih yang akan keluar bersama urin.

Minum air putih minimal 8 gelas atau 2, 5 liter setiap hari. Air putih dapat melancarkan air seni dan dapat mencegah timbulnya penyakit infeksi saluran kemih. Minuman ringan yang biasanya mengandung garam kurang baik dikonsumsi sebab dapat memperlambat buang air kecil.

Konsumsi buah-buahan, sari buah, juice.

Jaga selalu kebersihan sekitar organ intim dan saluran kencing. Ganti selalu pakaian dalam setiap hari, karena bila tidak diganti, bakteri akan berkembang biak secara cepat dalam pakaian dalam. Gunakan pakaian dalam dari bahan katun yang menyerap keringat agar tidak lembab.

Demikian tips untuk mencegah anyang-anyang.