Gempur kolesterol dengan tanaman obat alami

Sebenarnya obat tradisional untuk mengatasi kolesterol tidak dikenal di dunia kedokteran karena hiperkolesterolemia termasuk gangguan yang relatif baru diketahui dalam dunia kedokteran. . Namun begitu sudah banyak hasil penelitian yang menunjukkan indikasi positif dalam proses penyembuhan hiperkolesterolemia melalui tanaman herbal, di antaranya adalah tanaman yang biasa dipakai sebagai bahan sayur dan bumbu dapur.

Gempur kolesterol dengan tanaman obat alami
 
Tanaman herbal untuk menggempur kolesterol tersebut yaitu bawang putih, bawang prei, seledri, temulawak, belimbing wuluh, kunyit, dan teh hijau. Berikut ini cara membuat ramuan herbal untuk tiap-tiap tanaman herbal.

1. Bawang

Siapkan  2 siung bawang putih atau sekitar 4 g setiap kali mengkonsumsinya. Umbi putih dengan rasa menyengat ini dikunyah hingga halus baru ditelan. Setelah itu minum air hangat secukupnya. Ini dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.


2. Seledri

Rebus sebatang seledri yang dengan 1 gelas minum air hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusan itu. Dalam sehari cukup minum satu kali.

3. Temulawak (belum diketahui dosis yang pasti)

4. Daun Bawang Prei (belum diketahui dosis yang pasti)

5. Buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) (belum diketahui dosis yang pasti)

6. Teh Hijau (belum diketahui dosis yang pasti)

Untuk mencegah terjadinya hiperkolesterolemia di antaranya menambah kadar serat dapat larut dalam diet dengan makan buah-buah, sayuran, kekacangan, dan bebijian; memilih lauk produk daging putih atau ikan; menyingkirkan kulit sebelum memasak ayam; memilih daging tak berlemak dan membuang semua lemak yang ada, serta mengkonsumsi dalam porsi sedang.

Anda juga harus membatasi konsumsi kacang tanah (tidak terlalu berlebihan), membatasi penggunaan mentega, margarin, keju, dan minyak goreng dari kelapa atau kelapa sawit, sebaliknya gunakan minyak bunga matahari, kedelai, kanola, atau minyak zaitun; memilih produk-produk makanan dan minuman yang tanpa atau rendah lemak; dan bila kelebihan bobot badan, sebaiknya lakukan penurunan bobot badan dan olahraga.