Rahasia manfaat ketumbar

Advertisement
Ketumbar merupakan tanaman yang biasanya tumbuh dan ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah hingga pegunungan. Tumbuhan ketumbar biasanya tumbuh hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.

manfaat ketumbar

Ciri utama tumbuhna ini yaitu memiliki tepian daun bergerigi. Bunganya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan atau merah muda. Bentuk buahnya hampir bulat hingga bulat berwarna kuning, Kalau matang, buahnya mudah dirontokkan.

Tidak hanya digunakan utuk bahan memasak sehari-hari, ketumbar ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Ketumbar selama ini dikenal ampuh untuk menyehatkan pencernaan.

Berikut ini manfaat lain ketumbar seperti dikutip Times of India, Sabtu (23/4):

a. Manfaat ketumbar untuk wanita terutama bagi yang menderita sindrom pramenstruasi (PMS). Rebus 6 gram biji ketumbar dalam 500 ml air lalu tambahkan gula. Minumlah selagi hangat.

b. Jika anda menderita radang sendi (arthritis), bisa dicoba resep ketumbar dengan memanfaatkan khasiat (sifat) antiinflamasinya. Rebus saja biji ketumbar dengan air dan minumlah untuk meredakan nyeri radang sendi.

c. Diketahui juga bahwa ketumbar bisa untuk menurunkan gula darah dengan merangsang sekresi insulin. Tanaman herbal ini juga telah dikenal sebagai 'tanaman anti-diabetes'. Ketumbar membantu kinerja jantung dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

d. Untuk kulit, ketumbar juga tidak kalah dalam hal membersihkan jerawat. Aduk bubuk ketumbar dengan bubuk kunyit yang diberi air secukupnya lalu oleskan pada jerawat dan komedo.

(Pri/OL-06) 
 http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2011/04/29/4009/11/Rahasia-Khasiat-Ketumbar
Dengan sedikit pengeditan
Advertisement
Rahasia manfaat ketumbar | Najla Alliya | 5