Tanaman herbal adas (Foeniculum vulgare Mill.)

Tanaman herbal adas (Foeniculum vulgare Mill.) yang tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m dpl ini memiliki ciri tinggi tanaman 50 cm – 2 m, tumbuh merumpun yang bisa sampai 3-5 batang. Batangnya berwarna hijau kebiru-biruan, beralur, berlubang didalamnya dan bila memar, wangi baunya.

Letak daun berselang-seling, majemuk menyirip ganda dengan sirip yang sempit, berbentuk jarum, ujung dan pangkal runcing tepi rata berseludang warna putih. Seludang berselaput dengan bagian atasnya berbentuk topi.

Adas memiliki banyak sekali khasiat antara lain sebagai anti radang, untuk membunuh mikroba, flu dan pilek, dengan target menambah daya tahan tubuh, bisa untuk mengatasi ejakulasi dini, merangsang ereksi, menghilangkan nyeri, merangsang keringat, penguat hepar, perangsang pusat syaraf, mencegah kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, merangsang pengeluaran hormon estrogen, penambah semangat dan vitalitas. Memperlambat penuaan, merangsaang terjadinya ovulasi dan melindungi hati terhadap racun dan gangguan lain.

Berikut nama lain adas untuk tiap daerah.


Aceh            : das pedas
Minangkabau : adeh, manih
Sunda          : hades
Jawa            : adas, adas londa, adas landi
Madura         : adhas
Menado        : paapang, pampas
Gorontalo      : dengu-dengu
Makasar         : rempasu
Sangir Talaud : kumpasi
Bali               : adas
Sumba          : wala wunga
Cina              : hsiao hui
Inggris           : fennel.