Bayam duri, tanaman herbal yang khas

Bayam Duri dengan nama ilmiah Amaranthus Spinousus, Linn termasuk kedalam familia Amaranthaceae. Bayam duri ini lain dengan bayam biasa atau bayam merah.

Bayam duri (amaranthus spinousus) yang termasuk ke dalam jenis jenis tanaman amaranth ini memiliki batang lunak atau basah, tingginya bisa mencapai satu meteran. Disebut sebagai bayam duri karena memang bayam ini pada bagian batang, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri. Inilah mungkin merupakan ciri khas dari tumbuhan bayam duri, sehingga orang mengenal sebagai bayam duri.

bayam duri

Bayam duri memiliki warna daun hijau dengan bentuk daun bayam duri menyerupai belahan ketupat. Bunganya berbentuk bunga bongkol, berwarna hijau muda atau kuning. Bayam duri banyak ditemui dan tumbuh secara liar di pekarangan rumah, ladang atau di jalan-jalan kampung. Bayam duri tumbuh baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara antara 25 - 35 Celcius.


Bayam duri memiliki nama-nama lokal sebagai berikut:

Bayem eri, bayem raja, bayem roda, bayem cikron (Jawa); Senggang cucuk (Sunda), Bayam keruai (Lampung); Ternyak duri, ternyak lakek (Madura), Podo maduri (Bugis); Thorny amaranthus (Inggris), Bayam Duri (Indonesia).