Belimbing asam, belimbing yang bisa tumbuh hingga 10 meter

Belimbing Asam (averhoa bilimbi) yang termasuk kedalam familia oxalidaceae ini bisa tumbuh hingga mencapai 10 meter.Belimbing asam tentu berbeda dengan belimbing wuluh ataupun jenis belimbing manis.


Belimbing asam (Averhoa bilimbi) bisa tumbuh dengan baik ketinggian kurang dari 500 meter dpl.dengan bentang alam atau tempat yang terbuka. Di indonesia belimbing asam banyak ditemukan di pekarangan rumah, dan kadang-kadang tumbuhan ini bisa ditemui di ladang atau tepi hutan.bahkan tumbuh secara liar .

belimbing asam
Belimbing asam

Belimbing asam memiliki dua varitas yaitu yang menghasilkan buah berwarna hijau dan kuning muda atau sering pula dianggap berwarna putih. Batang belimbing asam tidak banyak mempunyai cabang, dan daunnya bersirip genap. Mungkin karena rasanya yang asam, sehingga daging buahnya pun banyak mengandung air yang rasanya asam.

Berikut ini nama lokal dari tumbuhan herbal belimbing asam:
Belimbing Asam (Indonesia), Calincing (sunda),; Blimbing wuluh (Jawa), Bhalimbing bulu (Madura),; Blimbing buluh (Bali), Selimeng (Aceh), Balimbing (Lampung); Balimbeng (Flores), Celane (Bugis), Takurela (Ambon).

Sebagai obat alami, belimbing jenis ini banyak digunakan sebagai obat heral untuk mengatasi diabetes melitus, kolesterol, hipertensi.