Belimbing manis sebagai bahan penyedap masakan

Belimbing jenis ini pasti yang paling anda suka dari pada belimbing asam, bukan? Ya, sesuai judul artikel ini, belimbing manis (Averhoa carambola) yang termasuk familia oxalidaceae, memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah bisa berguna sebagai penyedap masakan, lho!

Rasa buahnya tidak selamanya manis. Tapi rasa buah yang asam  dapat digunakan sebagai sirop penyegar. Manfaat lainnya bisa digunakan untuk membersihkan noda pada kain, selain itu, cairan pada buah yang rasanya asam bisa untuk mengkilapkan barang-barang yang terbuat dari kuningan, membersihkan tangan yang kotor atau bahkan sebagai bahan obat tradisional.

Tanaman herbal belimbing manis bisa diperbanyak dengan biji atau cangkok.

Selain ditanam sebagai pohon buah, pohon yang bisa tumbuh dari dataran rendah hinghga 500 mdpl.ini kadang ditemukan sebagai tumbuh liar.

Pohon yang berasal dari Amerika tropis ini menghendaki tempat tumbuh tidak ternaungi dan cukup lembab. Belimbing manis mempunyai batang kasar berbenjol-benjol, percabangan sedikit, arahnya condong ke atas. Cabang muda berambut halus seperti beludru, warnanya coklat muda.

Daun berupa daun majemuk menyirip ganjil dengan 21-45 pasang anak daun. Anak daun bertangkai pendek, bentuknya bulat teiur sampai jorong, ujung runcing, pangkal membundar, tepi rata, panjang 2-10 cm, lebar 1-3 cm, warnanya hijau, permukaan bawah hijau muda.

belimbing manis

Perbungaan berupa malai, berkelornpok, keluar dari batang atau percabangan yang besar, bungs kecil-kecil berbentuk bintang warnanya ungu kemerahan. Buahnya buah buni, bentuknya bulat lonjong bersegi, panjang 4-6,5 ern, warnanya hijau kekuningan, bila masak berair banyak, rasanya asam. Biji bentuknya bulat telur, gepeng.

Nama Lokal :
Belimbing manis (Indonesia), Belimbing manih (Minangkabau); Belimbing legi (Jawa), Belimbing amis (Sunda), ; Bhalimbing manes (Madura), Balirang (Bugis);