Beluntas, bisa atasi bau badan

Saya masih ingat, sewaktu masih kecil saya sering disuruh orang tua untuk meminum air rebusan yang terbuat dari daun beluntas.

Katanya sih supaya tidak bau badan dan keringat saya nantinya bisa menjadi wangi. "Ini ramuan para permaisuri jaman kerajaan, lho!", orang tuaku meyakinkan.

Itu dulu, sekarang ketika sudah jamannya internet saya searching di google mencari referensi tentang tanaman obat alami ini. Ternyata memang daun beluntas bisa untuk mengatasi bau badan.

Hebatnya lagi, daun beluntas bisa untuk menambah nafsu makan, menurunkan panas, scabies, dan bisa untuk mengantisipasi TBC.

Sedemikian hebatnya tanaman herbal daun beluntas ini. Yuk kita mengenalnya lebih dekat lagi.

Beluntas (Pluchea indica (L.) Less.), dengan Sinonim Baccharis indica, Linn dan termasuk kedalam familia
Compositae ini biasa tumbuh di semak atau ditanam dengan sengaja di pekarangan rumah sebagai tanaman pagar.

Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 2 meter, kadang-kadang lebih. Mempunyai percabangan banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Terdapat sampai 1.000 m dpl. Daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bundar telur sungsang, ujung bundar melancip, bergerigi warna hijau terang. Bunga keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk, warna ungu. Buah longkah agak berbentuk gasing, warna coklat dengan sudut putih, lokos.

Nama Lokal :
Beluntas (Indonesia), Luntas (Jawa), Baluntas (Madura); Baluntas, Baruntas (Sunda), Lamutasa (Makasar); Beluntas (Sumatra), Lenaboui (Timor); Luan Yi (China).;