Cara Berhenti Merokok Dengan "Cold Turkey"

Advertisement
Banyak cara untuk berhenti merokok (baca: tips stop merokok). Untuk berhenti merokok, mungkin setelah melihat postingan perbedaan paru-paru perokok dan bukan perokok bisa membuat anda ngeri dan timbul niat untuk berhenti merokok.

Atau anda juga bisa mencoba berhenti merokok dengan cara mengkonsumsi pisang? Bebas, silahkan pilih yang mana yang mudah bagi Anda.

Cara Berhenti Merokok Dengan
Namun menurut hemat saya, untuk berhenti merokok mesti diawali niat dari dalam diri untuk mau berhenti merokok.

Setelah itu? Hmmm... mungkin anda bisa mencoba Cara Berhenti Merokok Dengan "Cold Turkey". Berikut ini saya share ulang dari kaskus.us.

Cold turkey adalah suatu istilah untuk cara berhenti merokok, cara ini dilakukan dengan memutus seluruh asupan nikotin masuk ke dalam tubuh dalam bentuk apapun. Tidak ada (none, nil, zero !) koyo, permen karet, obat hisap, e-cig, pv, tembakau kunyah, ... atau jenis asupan nikotin baru lainnya. Sudah menjadi hal yang umum diketahui, bahwa konsumsi nikotin oleh perokok dalam jangka waktu lama akan menimbulkan ketergantungan. Dengan dipotongnya asupan ini dari tubuh, pasti tubuh akan meradang dan menderita secara phisik dan psikis.

Tujuan dipotongnya asupan nikotin secara total adalah untuk menidurkan ketagihan merokok. Ketagihan nikotin, intinya sama saja dengan ketagihan obat2an, ketagihan jenis ini tidak bisa sama sekali dilawan "head to head" semisal dengan cara mengurangi merokok setiap hari, atau memakai PV dengan anggapan suatu saat rokok biasa akan terasa tidak enak,...dsb.

Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang kuat melawan ketagihannya. Hentikan merokok dan jangan ganti dengan asupan nikotin lainnya hadapi hari2 selanjutnya tanpa nikotin, hanya dengan cara itulah, ketagihan nikotin dapat ditidurkan.

Tidak ada cara lain yang seefektif "cold turkey", cara lain dilakukan dengan cara menukarkan kebiasaan merokok dengan kebiasaan lain. Yang ujung2nya ... well harus dibayar, menyedihkan, masih ada saja orang yang meraih keuntungan seperti ini. Cara lain tidak mengajarkan pada ex-smoker untuk menghadapi hari2 berikutnya tanpa produk pengganti. Sering mereka sd berhenti merokok, tetapi sekarang jadi pemakai tetap nikotin lozenges atau nicoderm (koyo nikotin) yang biasanya berakhir lagi menjadi perokok setelah sekian lama menjadi pengguna setia.

Saya sadar sepenuhnya, "cold turkey" adalah cara yang tidak mudah ditempuh untuk berhenti merokok, apa lagi kalau anda masih muda, sehat, cantik, gagah, berkecukupan. Belum lagi , anda akan menderita 3 hari awal secara fisik, kemudian selama beberapa bulan awal secara psikis, kebiasaan merokok akan memicu keinginan merokok dengan 1001 macam godaan(junkies mind). Terkadang keadaan ini membuat naik turunnya emosi tidak beraturan. Otak akan menghidupkan atau membuat karakter dari nikotin seolah - olah nikotin adalah suatu benda hidup yang menjadi sahabat setia anda. Ya ,... anda harus siap untuk semua itu, sekali mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Kalau tidak siap, ... (ma'af) jangan berhenti merokok, teruskan saja, anda cuma membuang - buang waktu.

Hasilnya dengan metode ini,
Kalau saya bisa katakan setelah melewati 2 tahun ini, rasanya sangat luar biasa, napas jadi lega, bagun pagi tidak batuk2 lagi, kopi lebih terasa enak, anggota keluarga yang lain lebih menghargai anda karena jadi lebih sabar dan sering berkumpul dengan anggota kel. lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, otak kita akan mulai menerima putusnya asupan nikotin, alias saya sudah sangat jarang sekali ketagihan tidak seperti di awal2 berhenti dahulu. Kalau dulu setiap ketagihan bisa berlangsung 5 menit, sekarang cuma semenit saja. Tidak ada cara yang paling murah untuk berhenti merokok dari pada cara ini, sepenuhnya gratis dan tidak perlu beli pipa, obat hisap, ,,,,

Hal lain yang penting untuk diketahui, bahwa sekali anda perokok, anda adalah tetap perokok. Kalaupun anda sudah berhasil berhenti beberapa tahun, hal ini sama sekali tidak menghilangkan kebiasaan anda merokok. Hanya dengan satu hisapan rokok, (ya hanya satu sedot saja), maka dalam 1-2 minggu ke depan anda sudah menjadi perokok aktif kembali bahkan dengan jatah yg lebih banyak. Kalau sudah mulai merokok, sebaiknya beli saja rokok banyak2 (1 bal gitu) karena akan sulit untuk berhenti lagi. Karena itu selalu menjaga setiap hari untuk tidak merokok dan seriuslah dengan keputusan berhenti merokok. Ini adalah masalah hidup dan mati. Berhenti merokok bukan lelucon, tidak ada tempat sama sekali yang lucu kalau anda kembali merokok, itu adalah suatu yang menyedihkan.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6860807
Advertisement
Cara Berhenti Merokok Dengan "Cold Turkey" | Najla Alliya | 5