Es batu dari air mentah

Bahaya es batu dari air mentah terkadang menjadi pertanyaan saat kita membuat es batu dari air mentah.

Apakah es batu dari air mentah berbahaya atau tidak?

Seperti yang ditanyakan yuni via sms dalam blognya ummi-online.com, berikut ini jawabannya bagi anda yang masih penasaran.

es batu dari air mentah
Air mentah umumnya mengandung mikroba. Mikroba pada air mentah ada yang bersifat patogen (menyebabkan sakit pada manusia) dan ada pula yang tidak bersifat patogen. Pada saat air mentah dibekukan menjadi es batu, sebagian mikroba tidak mati. Jika mikroba yang tidak mati ini bersifat patogen, maka mengonsumsi es batu dari air mentah dapat menyebabkan sakit.

Perlu diketahui bahwa terjadinya sakit akibat mengonsumsi es batu yang dibuat dari air mentah, sangat ditentukan oleh ada tidaknya mikroba yang bersifat patogen dan juga ketahanan orang yang mengonsumsi es batu tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa orang yang mengonsumsi es batu yang dibuat dari air mentah tidak selalu menjadi sakit.

Membedakan es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang

Oke, lalu bagaimana caranya membedakan es batu yang terbuat dari air mentah dan dari air matang?

Berikut ini tips yang saya kutif dari gugling.com, caranya coba anda perhatikan, es batu yang terbuat dari air mentah cenderung memiliki warna putih dan keruh.

Sedangkan es batu yang terbuat dari air matang memiliki warna yang bening. Hal ini diakibatkan karena gas yang terdapat dalam air matang menghilang pada saat perebusan.

Cukup mudah kan membedakan es batu dari air matang dan es batu dari air mentah?