Manfaat Puasa Daud

Advertisement
Manfaat Puasa Daud. manfaat puasa kali ini saya bahas saat ramadhan dan idul fitri lewat. Tidak mengapa, yang penting masih bulan syawal, walaupun sebenarnya mau bulan dan suasana apapun tidak menjadi masalah.

Ide postingnya datang saat tadi siang mendengar khotbah jumat yang membahas masalah puasa, jenis-jenisnya dan manfaatnya.

Dan yang lebih menarik bagi saya adalah tentang Puasa Nabi Daud. Apa saja manfaatnya, mari kita simak saja kesaksian langsung yang sudah merasakan manfaat puasa daud.

Manfaat puasa daud ini saya kopas dari blognya hadiyanta.com. Karena barangkali jika saya sewaktu-waktu membutuhkan motivasi tentang puasa daud, tinggal membuka halaman ini :)

Berikut ini cuplikannya (anda juga bisa membaca langsung di blognya di sini)

Sejak akhir November 2008 saya kuatkan niat, tetapkan hati, dan mulai laksanakan dengan penuh perjuangan untuk mencoba belajar berpuasa Daud, yaitu sehari puasa, sehari berbuka. Istilah saya adalah puasa Digital, bergantian ON dan OFF secara kontinyu.

Saya katakan baru BELAJAR, karena memang ada bolong-bolongnya juga, tapi tetap saya niati dan saya hitung dari awal saya puasa dan terus berlanjut hitungan puasanya, jadi saat bulan november 2008 saya mulai pas tanggal genab, maka saat tanggal genab saya puasa terus, meskipun kadang ada bolongnya, tapi saat melanjutkan lagi saya lanjutkan pas tanggal genab juga. Memasuki bulan Januari 2009, puasa Daud saya pas saat tanggal ganjil, begitu seterusnya, karena jumlah hari tidak sama tiap bulannya.

Lalu manfaat apa yang bisa saya rasakan dari puasa Daud.

Pertama dari segi kesehatan, pencernaan saya menjadi sehat tanpa saya obati. Sebelum saya puasa Daud, pencernaan saya benar-benar tidak sehat, saya yakin karena ini pola makan yang kurang teratur, apalagi pekerjaan saya yang rutin shift malam, menuntut saya harus makan pada malam hari kisaran jam 23 malam keatas, dan yang paling mudah adalah membuat mie instans, dan itu benar-benar bukan makanan yang baik menurut saya. Kualiatas buang air besar saya menjadi jelek, sering mencret, sakit perut, sering buang air besar tidak teratur. Setelah puasa Daud, Alhamdulillah pencernaan menjadi sehat, buang air besar menjadi teratur dan kualitas buang air besarnya membaik, alias tidak mencret, bahkan maaf, kentutpun menjadi lega dan .

Kedua, masih dari segi kesehatan lagi, wajah saya memang berminyak, dan semenjak puasa Daud, hal ini berkurang banyak sekali.

Ketiga, dari segi spiritual, saya benar-benar merasa lebih dekat dengan Allah, merasa aman dan tenteram, pikiran lebih jernih dan kelakuan baik itu fisik maupun rohani lebih terjaga.

Keempat, pengalaman supranatural, bahwa saya sendiri heran, kemarin kok bisa pas mengira-ira rangking raport anak pertama saya, yaitu rangking 20 dari 40 siswa, jangan salah meskipun rangking 20 tapi nilainya tinggi juga, maklum sekolah di SD unggulan yang rata-rata siswanya di LES kan lagi oleh orang tuanya, sedangkan anak saya saat ini hanya les Sempoa saja.

Hampir lupa, perut saya menjadi langsing, tidak gendut, menjadi proporsional, padahal dulu saya saat rutin olah raga voli saja, perut saya masih kelihatan agak gendut.

Sampai saat ini baru inilah HASIL yang saya rasakan dari menjalankan puasa Daud, dan saya masih menantikan hasil lainnya yang saya yakin pasti akan ada.

Kalau dihitung-hitung memang saat tidak puasa, kebanyakan dari kita tentu terlalu berlebihan dalam makan, yang sebenarnya hanya menuruti keinginan nikmatnya lidah, bukan kebutuhan tubuh kita, dan jeleknya lagi kalau makanan yang kita makan memang tidak baik dari segi kesehatan. Saat ini saya juga menghindari makan Ayam potong, dan Telur dari ayam petelur. Dengan puasa Daud, minimal organ pencernaan dan organ lainnya yang terkait akan istirahat, atau minimal bekerja lebih ringan, sehingga beban kerjanya tidak berat.

Saya selalu yakin akan sabda Rasulullah “Berpuasalah, maka kamu akan sehat”

Anda tertarik puasa Daud? Silahkan dicoba saja, mungkin awalnya seperti saya, yaitu bolong-bolong menurut saya tidak mengapa, karena bagaimanapun bahwa lebih baik puasa bolong-bolong dari pada tidak sama sekali.

Puasa itu benar-benar pribadi, urusannya hanya kita dan Allah saja yang benar-benar tahu.

Oke, begitulah manfaat puasa daud, semoga ini merupakan obat alami bagi anda yang ingin sehat lahir batin dan dekat dengan Allah SWT. Amin.
Advertisement
Manfaat Puasa Daud | Najla Alliya | 5