Pengobatan alternatif ataukah pilihan alternatif?

Pengobatan alternatif merupakan metode penyembuhan alternatif (non konvensional) yang dibawa dalam praktek dokter atau non-dokter. Bahkan di Amerika Serikat, yang notabene negara maju, diperkirakan sekitar 33% dari penduduknya menggunakan beberapa bentuk pengobatan alternatif. Bentuk dan macam pengobatan alternatif yang biasa digunakan diantaranya meditasi, akupunktur, doa, pengobatan herbal, ahli tulang, terapi pijat, obat-obatan alami, dan lain-lain.

Pengobatan alternatif mengacu pada praktek-praktek tidak digunakan oleh kedokteran konvensional. Mencari pengobatan alternatif berarti merujuk ke ahli homeopati atau naturopath bukannya dokter konvensional.

Pengobatan alternatif ataukah pilihan alternatif?
Pengobatan alternatif bagian dari pengobatan komplementer, yang berarti praktek alternatif digabungkan dengan obat konvensional dalam pengobatan  penyakit.

Praktisi pengobatan alternatif menggunakan beberapa prinsip dasar dan umum, yang mungkin mirip dengan apa yang ditawarkan pengobatan konvensional.

Prinsip-prinsip dasar atau pengobatan alternatif:

BELAJAR DAN PENYEMBUHAN

Praktisi Alternatif percaya bahwa mereka dapat membimbing pasien dalam menemukan cara untuk menyembuhkan diri sendiri. Mereka bertindak sebagai mentor.

PERAWATAN HOLISTIK

Perawatan holistik (menyeluruh) melibatkan memperlakukan orang secara keseluruhan, bukan hanya penyakitnya saja. Pengobatan Alternatif berfokus pada mengobati manusia seutuhnya, ia mengakui bahwa hubungan fisik, mental, spiritual saling berhubungan, dan ini memainkan peran utama dalam menyebabkan tetap sehat atau sakit. Anda tidak dapat hanya mengambil faktor secara tunggal dan mengobati secara terpisah.

PENCEGAHAN

Ini merupakan faktor penting agar pasien tetap sehat, selain dikatakan juga oleh pengobatan secara konvensional. Tetap sehat, makan sehat, rawatlah kesehatan Anda.

KEMAMPUAN TUBUH UNTUK MENYEMBUHKAN DIRI

Praktisi Alternatif menganggap diri mereka sebagai fasilitator. Hal ini menunjukkan bahwa dalam diri kita sendiri mempunyai kemapuan untuk menyembuhkan diri kita sendiri. Terapi alternatif dapat mendorong proses penyembuhan alami.

GAYA HIDUP

Dunia kita terlalu terburu-buru, kita mencari kepuasan yang instan terlalu banyak. 24 jam dalam sehari kadang tidak cukup. Gaya hidup serba cepat menyebabkan terlalu banyak tekanan hidup pada dunia material.

SISTEM PENYEMBUHAN

Fokus dari terapi ini adalah pada kekuatan alam atau medan energi dari tubuh manusia. Banyak dari sistem penyembuhan telah digunakan sebelum obat konvensional datang. Sistem Kedokteran mungkin berkembang dari Amerika Utara India dan daerah lain. Tapi Orang Cina telah berlatih akupunktur, ada juga sistem penyembuhan Ayurvedic dari India, dan lain-lain.

KATEGORI KEDOKTERAN ALTERNATIF

Ayurveda

Hal ini telah dipraktekkan di India selama ribuan tahun. Penekanannya adalah obat yang unik didasarkan pada keadaan individual. Perawatan mungkin termasuk yoga, meditasi, diet, pijat dan herbal.

Homeopati.

Dosis suatu zat diberikan untuk merangsang proses penyembuhan diri tubuh.

Naturopati.

Ini adalah pengobatan non-invasif untuk mendorong tubuh untuk melakukan penyembuhan sendiri. Naturopaths menggabungkan berbagai bentuk pengobatan alternatif dan komplementer untuk merangsang penyembuhan. Termasuk ke dalam kategori ini misalnya pijat, akupunktur, konseling gaya hidup, olahraga, diet dan penggunaan herbal dan turunannya.

Obat-obatan kuno.

Ada kebijaksanaan yang bisa dipelajari dari masa lalu praktisi alternatif dan komplementer obat. Pengobatan ini berkembang di Indian Amerika, Cina, Kepulauan Pasifik, Indian Maya, Tibet dan lain-lain.

Koneksi pikiran-tubuh

Teknik Pikiran-tubuh memperkuat komunikasi antara pikiran dan tubuh Anda. Praktisi pengobatan komplementer dan alternatif mengatakan kedua sistem harus selaras bagi Anda untuk tetap sehat. Contoh teknik pikiran-tubuh koneksi meliputi:

* Meditasi

* Yoga

* Biofeedback

* Doa

* Hipnosis

* Relaksasi dan seni terapi, seperti puisi, musik dan tari

Diet suplemen dan obat herbal

Herbal begitu populer saat ini. Hampir setiap rumah tangga memiliki obat-obatan herbal. Obat alami ditemukan di alam, mereka telah digunakan jauh sebelum pengobatan konvensional dilakukan. Contoh obat herbal adalah ginseng, gingko, suplemen seperti glucosamine, essiac, selenium Omega-3. Herbal dan suplemen dapat dikonsumsi dan dibuat sebagai teh, minyak, sirup, bubuk, tablet atau kapsul.

PERLU DIPERHATIKAN

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, dia akan menyarankan suplemen alami yang harus kita pakai. Hal ini untuk mengantisipasi interaksi obat terutama jika Anda sedang hamil, menyusui bayi, memiliki penyakit kronis, operasi tua atau memiliki atau mungkin interaksi yang buruk  dengan obat konvensional yang diresepkan dokter. Karena misalnya tidak semua obat herbal cocok dan bisa dipakai untuk mengatasi asam urat.

Selalu, selalu, biarkan dokter Anda tahu suplemen herbal apa yang mesti kita pakai. Ingat bahwa suplemen ini memberikan jaminan bahwa mereka selalu aman.

Manipulasi dan sentuhan

Metode ini menggunakan sentuhan manusia untuk bergerak atau memanipulasi bagian tertentu dari tubuh Anda. Contoh yang termasuk kategori ini:

* Chiropractic dan manipulasi tulang belakang

* Pijat

* Terapi manipulasi dan sentuhan lainnya, seperti osteopati, terapi kraniosakral dan accupressure

Terapi energi

Banyak yang percaya bahwa ada kekuatan energi tak terlihat yang mengalir melalui tubuh. Anda pernah mendengar kata-kata: Saya tidak punya energi untuk melakukan ini, atau aku memiliki energi hari ini.

Penyumbatan atau ketidakseimbangan dalam aliran energi dapat menyebabkan penyakit. Energi ini disebut CHI, Prana atau KEKUATAN KEHIDUPAN, tergantung pada apa yang Anda yakini. terapi Energi bekerja pada keseimbangan atau aliran energi untuk penyembuhan. Dalam akupunktur, jarum disisipkan ke titik sepanjang jalur energi dalam tubuh untuk memulihkan energi alami.

Terapi energi lain meliputi:

* Terapi sentuh

* Reiki

* Terapi Magnet

* Terapi Polaritas

* Terapi Cahaya

Apakah dokter percaya pada pengobatan alternatif dan komplementer?

Meskipun mereka mungkin tidak menentang, dokter konvensional merasa tidak nyaman dengan pengobatan alternatif. Namun, karena lebih banyak orang mencari Complementary dan Pengobatan Alternatif, tidak sedikit dokter yang terbuka dan menyetujui beberapa terapi yang ditawarkan oleh Complementary dan Pengobatan Alternatif. Pasien harus lebih terbuka dan bersedia untuk membahas masalah ini dengan dokter mereka. Ini adalah cara untuk mendorong mereka untuk belajar lebih banyak tentang Complementary dan Pengobatan Alternatif.

SKEPTISISME

Sepertihalnya profesi apa pun, selalu saja ada orang-orang yang berlumpur air. Beberapa praktisi Complementary dan Pengobatan Alternatif, membuat klaim berlebihan tentang mengobati penyakit dan bahkan melupakan resep dokter pengobatan konvensional.

Obat konvensional bergantung pada metode dan produk yang didukung oleh penelitian yang solid. Studi, penelitian dan uji coba termasuk menerima dana secara langsung atau tidak langsung dana dari pemerintah. Bahaya dan manfaat dari perawatan Complementary dan Pengobatan Alternatif tetap terbukti.

Jadi, jangan melupakan pengobatan konvensional.

Akhirnya saya kembalikan pada judul artikel ini, Pengobatan alternatif ataukah pilihan alternatif? Semuanya saya serahkan kembali kepada anda.