Penyebab penyakit chikungunya

Penyebab penyakit chikungunya. Seperti dijabarkan dalam wikipedia, chikungunya adalah sejenis demam virus. Penyebab penyakit chikungunya yaitu alphavirus (virus chik) yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes aegypti. Namanya berasal dari sebuah kata dalam bahasa Makonde yang berarti "yang melengkung ke atas", merujuk kepada tubuh yang membungkuk akibat gejala-gejala arthritis penyakit ini.

Aedes aegypti penyebab penyakit cikungunya
Berita miris yang dikutif metrotvnews.com tentang chikungunya serang puluhan warga Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengabarkan bahwa penyebab penyakit chikungunya diduga wabah itu sebagai dampak negatif dari musim kemarau yang berkepanjangan.

Selain virus chik, nyamuk Aedes aegypti juga menularkan penyakit demam berdarah. Penyakit chikungunya itu menyebabkan nyeri pada bagian sendi, rasa ngilu di hampir seluruh bagian tubuh, dan timbulnya bintik-bintik merah di kulit. Penularan demam chik terjadi bila penderita yang sakit digigit oleh nyamuk yang membawa virus itu dan kembali menggigit orang lain.

Demikian bahasan ringkas penyebab penyakit chikungunya, semoga bermanfaat.