Bidan Asal Bali Ini Jadi Pahlawan Dunia

Advertisement
Barusan saya nonton "Program acara Apa dan Siapa?" di tv-one.Salah satu tamu yang menarik perhatian saya adalah bidan asal bali yang jadi pahlawan dunia.

Apa dan siapa sebenarnya bidan ini? Setelah googling sana sini eh nemu beritanya di kompas.com. Postingan yang mendapat share facebook 1947 tersebut (saat saya menemukan artikelnya), ternyata sudah dipost pada Jumat, 23 September 2011, pukul 21:33 WIB (ketinggalan info deh..wekeke..).

Robin Lim Bidan Asal Bali Ini Jadi Pahlawan Dunia
Oke tidak mengapa, ya uwis kebetulan saya tinggal kopas aza tulisan Yunanto Wiji Utomo dan Benny N Joewono ini.  Berikut ini tulisannya.


Seorang bidan asal Bali menjadi pahlawan dunia. Ia masuk dalam Top 10 CNN Heroes, sebuah penghargaan yang diberikan kepada orang yang berkontribusi bagi komunitas terdekatnya.

Bidan bernama Robin Lim itu menjadi nomine dalam penghargaan tersebut karena perannya membantu ibu-ibu di Bali dalam melahirkan anak sehat dengan selamat. Ibu Lim, demikian Robin Lim biasa disapa di Bali, mendirikan Yayasan Bumi Sehat pada tahun 2003.

Yayasan tersebut menawarkan perawatan prakelahiran dan bantuan melahirkan secara gratis dan sehat. Tujuannya adalah mengurangi angka kematian anak dan ibu pada proses kelahiran, yang masih termasuk tinggi di kawasan Asia. Ibu Lim menuturkan, motivasi mendirikan Yayasan Bumi Sehat berasal dari pengalaman pribadi.


"Saya kehilangan sahabat dan bidan yang membantu kelahiran anak saya. Saya juga kehilangan saudara perempuan dan bayinya yang meninggal karena komplikasi saat kehamilan ketiga. Saya sangat terpukul," kata Lim kepada CNN, Maret 2011 lalu.

Dari pengalaman tersebut, Lim memutuskan untuk tidak marah. Ia berupaya menjadi pihak yang mampu memberi solusi. Ia kemudian menjual rumahnya di Hawaii dan bersama suaminya memutuskan untuk pindah ke Bali.

Asia, lalu Bali, bukan tempat yang asing bagi Lim sebab ia dibesarkan di Filipina. Ada satu prinsip dalam pelayanan Lim di Yayasan Bumi Sehat.

"Bintang rock ataupun pelacur, semua diperlakukan seperti pasien VIP di Bumi Sehat, dengan kebaikan dan penuh hormat. Tak ada yang jadi kaya dengan menjadi bidan. Kekayaan yang Anda semua alami adalah nilai terbesar yang kami dapatkan," cerita Lim.

Seiring berkembangnya Yayasan Bumi Sehat, banyak kalangan pun mulai meminati tempat tersebut. Ada juga ekspatriat dan selebriti yang memilih melahirkan di klinik ini dan memberikan donasi setelahnya. Masyarakat Bali pun banyak yang memilih melahirkan di Bumi Sehat.

Sebanyak 80 persen dari mereka mendapatkan layanan secara gratis. Saat tsunami terjadi di Aceh pada tahun 2006, Bumi Sehat membuka klinik di sana untuk melayani kalangan yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Dengan dua klinik yang ada di Bali dan Aceh, Bumi Sehat kini telah melayani kelahiran 5.000 bayi. Salah satu selebriti yang melahirkan di sini adalah Oppie Andaresta. Misi Bumi Sehat tentu akan terus berlanjut.

Sebagai bagian dalam Top Ten CNN Heroes, Lim akan menerima 50.000 dollar AS untuk melanjutkan misinya. Lim pun mendapat kehormatan untuk hadir di "CNN Heroes: An All Star Tribute" yang akan disiarkan secara global pada 11 Desember 2011 pukul 20.00 waktu Amerika dan Kanada atau 12 Desember 2011 pagi waktu Indonesia.

Lim juga berpeluang menjadi pemenang CNN Heroes of the Year dan mendapatkan penghargaan sebesar 250.000 dollar AS. Untuk menjadi pemenang, Lim perlu pungutan suara, termasuk dari Anda semua.

Pungutan suara masih bisa dilakukan hingga 7 Desember 2011 mendatang lewat situs CNNHeroes.com. Memilih Lim berarti mendukung kesejahteraan ibu di Indonesia. Penyelenggaraan CNN Heroes tahun ini merupakan yang kelima.

Kampanye ini telah memprofilkan 160 orang di CNN dan CNN.com. Sebanyak 400.000 dari 100 negara juga telah terdaftar sebagai calon CNN Heroes dalam lima tahun.

Jim Walton, Kepala CNN Worldwide, mengatakan bahwa penghargaan ini bertujuan mendukung misi tiap individu yang tekun dan tulus memberikan pelayanan berarti bagi komunitasnya.

Kompas.com

Bidan Asal Bali Ini Jadi Pahlawan Dunia | Najla Alliya | 5