Daun kemangi untuk kanker dan masalah pencernaan

Daun kemangi yang memiliki aroma tajam banyak digunakan baik dalam keadaan keringan atau masih segar, baik hanya sebagai penganan lalap sambal ataupun digunakan dalam pengobatan herbal. Bila Anda menyukai kemangi, Anda juga bisa mengobati diri sendiri karena daun kemangi memiliki manfaat untuk kesehatan. Ada zat dalam tanaman herbal ini yang dapat membantu menenangkan perut Anda. Bahkan, peneliti percaya, daun kemangi mempunyai peran dalam mencegah kanker.

Daun Kemangi Menjaga Sel Sehat Melawan Kanker

Daun kemangi untuk kanker dan masalah pencernaan
• Penelitian ini masih awal, tetapi penelitian laboratorium menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kemangi dapat membantu mengganggu rantai berbahaya yang dapat mengarah pada perkembangan kanker.

• Dalam suatu studi, peneliti di India memberikan makanan pada sekelompok hewan dengan ekstrak kemangi, sedangkan hewan dalam kelompok kedua hanya diberi makanan biasa. Setelah 15 hari, hewan yang diberi ekstrak kemangi memiliki tingkat lebih tinggi dari enzim yang dikenal untuk menonaktifkan zat penyebab kanker dalam tubuh.

• Para peneliti berspekulasi, kemampuan daun kemangi untuk mencegah perubahan kanker tidak hanya satu senyawa tertentu dalam ramuan melainkan untuk beberapa senyawa yang saling bekerja sama, . Meskipun terlalu dini untuk mengatakan apakah kemangi akan memiliki efek yang menguntungkan yang sama pada manusia, hal ini bukan berarti anda tidak boleh untuk menambahkan ramuan beraroma ini pada menu Anda.

Daun Kemangi Untuk Membantu Pencernaan

• Jika anda susah untuk k*ntut (maaf), cobalah menghirup secangkir teh kemangi. Tanaman herbal ini memiliki reputasi untuk meringankan berbagai gangguan pencernaan, terutama gas.

Baca juga: Daun kemangi untuk mengatasi Ejakulasi Dini


• Tidak ada yang tahu persis mengapa kemangi bisa digunakan untuk menenangkan gangguan perut. Satu penjelasan yang mungkin adalah terdapatnya senyawa yang disebut eugenol. Senyawa, yang ditemukan dalam kemangi, telah ditunjukkan untuk membantu meringankan kejang otot. Ini bisa menjelaskan mengapa kemangi muncul untuk membantu memudahkan gas keluar dan kram perut.

• Untuk membuat teh kemangi, tuangkan 4 cangkir air mendidih kepada 1 sampai 2 sendok teh daun kemangi kering. Biarkan minuman itu selama 15 menit, lalu saring dan sajikan. Orang yang sering memiliki permasalahan dengan gas di perut anda, anda dapat mengambil manfaat dengan minum 2 sampai 3 cangkir sehari di antara waktu makan.

• Kemangi kering yang terkena panas, cahaya, atau udara dalam waktu yang lama akan menyebabkan banyak senyawa pelindung rusak. Untuk mengambil manfaat yang optimal dari ekstrak kemangi dan memiliki efek penyembuhan yang lebih kuat, penting untuk menyimpan kemangi di tempat yang sejuk dan gelap, sebaiknya dalam gelas atau wadah tertutup.

Semoga informasi tentang manfaat daun kemangi untuk kanker dan masalah pencernaan ini bermanfaat bagi anda. Anda juga bisa membaca manfaat daun kemangi untuk mengatasi bau badan, dan manfaat daun kemangi untuk muntaber anak.