Hati-hati Gorengan Dengan Minyak Goreng Campur Plastik

Advertisement
Barusan nonton reportase investigasi di Trans TV. Bahasannya tentang investigasi gorengan yang digoreng oleh minyak goreng campur plastik. Ngeri juga, plastik kan berbahaya!

Googling sana sini ternyata sudah banyak juga yang membahas permasalahan tersebut di forum-forum, dan bahkan ada juga yang posting di blog. Sumbernya dari www.an.tv, katanya. Isiya sih tidak beda jauh dengan yang dibahas barusan saya tonton di tv.

Credit by www.an.tv, berikut ini cuplikan artikelnya.

Desas-desus soal adanya jajanan gorengan berplastik mulai bergulir sejak awal Mei lalu. Temuan lapangan membuktikan jajanan gorengan berplastik ternyata bukan sekedar desas-desus. Tak sulit bagi tim TOPIK antv menemukan penjaja gorengan yang menggoreng pisang, singkong, tempe atau pun bakwan tidak saja dengan minyak goreng, tapi juga kantung plastik, sedotan atau bahkan dirijen plastik. Bahan-bahan plastik ini digoreng terlebih dahulu dengan minyak panas hingga meleleh, baru kemudian produk gorengan dimasukkan. Hasilnya... gorengan menjadi renyah lebih lama dan sangat gurih. Pedagang yang menggoreng dengan resep ini mengaku mendapat konsumen lebih banyak sejak menerapkan teknik ini.

Gorengan bisa jadi lebih laku keras karena renyah dan gurih. Tapi jangan tanya soal efeknya bagi kesehatan. Karena menurut peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Ani Retno, gorengan berplastik yang dikonsumsi dalam waktu lama jelas-jelas memicu penyakit kanker.

Pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia YLKI mendesak pemerintah untuk bersikap lebih proaktif mengawasi dan mengambil tindakan bagi penjual gorengan berplastik yang terbukti membahayakan kesehatan publik. Sesuai undang-undang perlindungan konsumen para pedagang gorengan berplastik ini dapat diancam hukuman lima tahun penjara. Sejumlah warga yang memang gemar mengudap gorengan mengaku jadi lebih waspada untuk membeli kudapan favorit ini. Secara ekstrim warga bahkan siap berhenti makan gorengan.

Renyah dan gurih memang menjadi kunci penting larisnya gorengan. Dan mencari strategi untuk mendapatkan keuntungan lebih di masa sulit seperti sekarang, memang sah-sah saja. Namun menghalalkan segala cara – termasuk memasukkan plastik dalam gorengan – tentu bukan tindakan bijaksana. Terlebih jika penyakit dan nyawa masyarakat luas yang jadi taruhannya.

N berikut ini pengalaman pribadi Gan Radenprikitiuw yang mengalami sendiri makan gorengan yang katanya digoreng oleh minyak goreng campur plasti. Pengalamannya dishare di tritnya kaskus di sini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10272459. Langsung simak aza berikut pengalamannya.

Misi agan agan dan aganwati ane cuma mau kasih info aja nih
nih info bukan asal asalan aja karena pengalaman ane sendiri

Jadi ceritanya Kemarin beberapa hari yang lalu deh ya,.,
Ada tukang gorengan,.,Trus ane beli beberapa gan
setelah ane bayar ane bawa pulang gan
ampe rumah ane makan,.ama temen ane gan,.,
begitu habis separo pas gigit lagi terasa ada yang kenyal ane tarik melar gan,.,
ternyata tuh yng ane makan ada KARET nya gan
temen ane langsung ketwain ane gan,.,


Abis itu ane buang gan,.,
yg Lebih bahaya lagi temen ane gan,.,pas dia makan ada Kawatnya gan,.,bayangin aja kalo kemakan beneran,,bisa masuk rumah sakit gan
jadi ane saranin kalo suka beli gorengen ati2 aja gan

Oke, bukan maksud saya menjudge semua pedagang gorengan memakai trik keji seperti di atas, masih  banyak kok pedagang yang menggunakan cara sehat dan halal dalam membuat dan menjual gorengannya, misalnya dengan trik memakai air dingin supaya gorengan terasa kriuk-kriuk.

Berikut inicara mengetahui gorengan yang mengandung plastik. Credit by kaskus (Gan sevenstring)



yang berkilau adalah plastik yang sedang digoreng di dalam minyak




bercak-bercak putih adalah kandungan plastik yang mengendap di gorengan




Gorengan yang digoreng dengan minyak murni tidak terdapat bercak-bercak putih

Tambahan:

Biasanya gorengan yang memakai campuran plastik, jika sudah dingin akan masih terasa keras (kriuk-kriuk). Sedangkan yang murni hanya memakai minyak goreng akan terasa lembek.
Advertisement
Hati-hati Gorengan Dengan Minyak Goreng Campur Plastik | Najla Alliya | 5