Kopi pemicu rokok, inilah trik menghentikannya

Banyak cara untuk berhenti merokok, salah satunya yaitu "cara berhenti merokok dengan metoda cold turkey".

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa merokok merupakan kebiasaan dari kondisi mental yang tidak dapat dihindarkan. Artinya, bagi saya, merokok bisa disebabkan secara situasional dengan dipicu oleh beberapa sebab, misalnnya kondisi psikologis (rasa cemas), dlsb.

kopi pemicu rokok
Faktor kebiasaan dan psikologis lainnya yaitu kopi. Jangan dulu skeptis, ya bro. Mengapa tidak? Bagi sebagian orang, termasuk saya, merokok akan lebih terasa nikmat jika dibarengi dengan kopi.

Nah kondisi mental yang demikian lama-kelamaan akan tersimpan dalam bawah sadar, "ada kopi harus ada rokok". Dengan begitu, jika kopi sudah ada di depan mata, kadang terpaksa (mau tidak mau) harus tersedia rokok. Maaf, kondisi seperti ini mungkin hanya berlaku bagi sebagian orang saja.

Untuk itu bagi anda yang sedang bertekad berhenti merokok, salah satu tips saya untuk berhenti merokok adalah dengan mengatakan pada Sang Istri, "jangan tawari saya dengan memberikan pilihan minum di pagi hari".

Yup, terkadang istri selalu memberikan beberapa pilihan jenis minuman, "mau minum apa pak? kopi, susu, atau teh manis?" Penawaran pilihan tersebut bisa membuat kita tidak kuat untuk menolak dan meminta kopi (bagi pecandu kopi).


Cobalah katakan pada istri anda untuk mengatakan ini saja, "Pak saya bikinin susus, ya?" atau "Pak, Saya buatkan teh manis, ya?". Yang pasti jangan tawari kopi.

Mungkin dengan begitu, anda yang biasanya tengah sibuk dengan laptop, surat kabar, atau sedang mengerjakan tugas penting lainnya di pagi hari, otak anda akan turut menegaskan apa yang dikatakan Sang Istri.

Dan hebatnyanya, salah satu tips ini sudah membantu saya untuk berhenti merokok.