Minyak ikan mengendalikan peradangan pada jerawat

Minyak ikan bisa membantu mengatasi jerawat. Minyak ikan dapat diperoleh dari ikan salmon, ikan tuna, ikan teri, ikan cod dan ikan trout. Bagian minyak ikan ini yaitu omega-3.

Bagaimana Omega-3 atau minyak ikan membantu mengontrol jerawat?

Untuk melihat bagaimana minyak ikan dapat membantu mengendalikan atau menghentikan jerawat, kita perlu memahami mekanisme jerawat. Jerawat diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang menyebabkan produksi minyak berlebih yang disekresi oleh pori-pori kulit.

Minyak ikan untuk mengendalikan peradangan pada jerawat
Remaja pubertas lebih rentan terhadap jerawat karena ketidakseimbangan hormon. Hal ini menyebabkan minyak berlebih menghalangi pori-pori dan bisa menjadikan perangkap bakteri di pori-pori, sehingga bakteri bisa tumbuh.


Sistem kekebalan tubuh merespon dengan mengisolasi bagian yang berjerawat, menghilangkan sel-sel rusak dan membunuh bakteri yang menyerang. Anda dapat melihat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan ditandai oleh kulit kemerahan, bengkak, panas dan nyeri. Respon  ini disebut sebagai peradangan.

Karena itu peradangan  baik, tetapi sistem kekebalan tubuh yang merespon secara agresif, peradangan dapat menghancurkan sel-sel sehat yang malahan dapat mengakibatkan kerusakan lebih.

Minyak ikan membantu mengendalikan peradangan

Untuk mengurangi peradangan,  konsumsi Omega-3, akan menghentikan sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap kondisi jerawat yang mengakibatkan peradangan.