Obat jerawat batu tradisional

Advertisement
Obat jerawat batu tradisional - Banyak faktor yang dapat menimbulkan jerawat, baik jerawat batu ataupun jerawat jenis lainnya, diantaranya karena faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, bakteri, tekanan psikologis, dan cuaca. Jerawat umumnya muncul pada masa remaja, tetapi orang dewasa pun tidak jarang yang mengalaminya. Bagi kaum perempuan jerawat bisa muncul apabila datang haid atau hamil dan bisa muncul di manapun pada tubuh, tidak hanya di wajah. Alergi terhadap obat-obatan tertentu juga dapat merangsang timbulnya jerawat.

Obat jerawat batu tradisional
Munculnya jerawat juga sering dikaitkan dengan konsumsi makanan tertentu seperti kacang-kacangan, cokelat, atau goreng-gorengan. Meskipun begitu belum ada hasil penelitian yang menguatkan kecurigaan ini.

Berikut ini cara-cara mengobati jerawat secara alami yang dapat anda lakukan sendiri untuk mencegah bahkan mengobati jerawat, baik jenis jerawat komedo, jerawat biasa, atau jerawat batu lebih tepatnya obat jerawat batu tradisional. Karena tradisional, bahan-bahannya pun berasal dari sekitar kita, yaitu obat alami yang sangat mudah kita peroleh.

So, apapun itu jenis jerawatnya, baik jenis jerawat batu sebagai mana judul post kali ini, baik jerawat batu di muka, atau pun jerawat batu di hidung, bisa dicoba kita tuntaskan dengan cara ini, ya.

Obat jerawat batu tradisional yang alami dan ampuh

Baiklah, sebagaimana dikatakan di atas, bahwa cara pengobatan obat jerawat alami ini tidak hanya sebagai obat jerawat batu alami ataupun obat jerawat batu ampuh, melainkan bisa untuk menangani jenis jerawat lainnya, komedo atau jerawat biasa.

Facial untuk mengatasi jerawat tradisional
Bersihkan kulit wajah anda, baik jika kulit anda berminyak atau wajah yang tampak berjerawat, bersihkan dua kali sehari. Sangat dianjurkan untuk mencuci wajah dengan pembersih dengan pH sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang jerawat. Seduhlah 7-10 lembar daun sirih air, (Piper betle), gunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari. Seduhan daun sirih mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawa.


Menurut pengalaman beberapa orang, membasuh wajah dengan air es juga dapat mengurangi jerawat. Cara tersebut diyakini untuk mengurangi minyak di wajah.

Belimbing  ditumbuk halus dan dicampur dengan air dan sedikit garam, ramuan tersebut dapat digunakan untuk membersihkan wajah dari jerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai anti-inflamasi (memperkecil pori-pori kulit). Baca juga: cara menghilangkan jerawat dengan belimbing.

Wajah yang berjerawat juga akan terasa lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Daun teh paketan kecil diseduh dengan air panas, lalu uapkan pada wajah anda yang berjerawat.

Masker obat jerawat tradisional
Berikut ini beberapa macam masker alami jerawat yang bisa anda coba. Mengkudu dapat digunakan sebagai masker wajah. Masker mengkudu tidak hanya bisa mengatasi jerawat, lebih dari itu bisa digunakan untuk melenyapkan kulit keriput dan kulit kering, otot-otot wajah menjadi lebih terasa fresh dan relax.

Lemon (Citrus aurantium), yang diterapkan pada wajah pada malam hari sebelum tidur dan  dibersihkan di pagi hari, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum Lycopersicum).

Masker lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker akan membantu meningkatkan hasilnya. Tanaman lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai masker anti jerawat adalah pucuk daun jambu batu (Psidium guajava). Lidah buaya (Aloe vera) yang terkenal untuk menghaluskan kulit juga dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat.

Kentang (Solanum tuberosum Kentang) juga dapat ditempatkan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.

Sedangkan plak-noda hitam pada bekas jerawat wajah dapat dihilangkan dengan masker jagung muda (Zea mays) atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam dan kemudian diamkan sampai kering.

Jerawat jenis komedo dapat dihilangkan dengan masker dari gelatin buatan sendiri. Bahan: satu sendok makan bubuk gelatin yang bisa dibeli di pasar swalayan, dua sendok makan susu cair dingin, dan satu butir putih telur. Susu dingin dan gelatin dicampur lalu dipanaskan, jangan menonton sampai menggumpal. Setelah leleh, dinginkan sampai hangat, lalu campurkan dengan putih telur. Oleskan campuran tersebut ke wajah, kecuali seputar mata dan bibir.

Itulah cara-cara perawatan untuk mengatasi jerawat, obat jerawat biasa ataupun obat jerawat batu tradisional.
Advertisement
Obat jerawat batu tradisional | Najla Alliya | 5