Penyebab Keringat Berlebih

Mengapa bisa terjadi keringat berlebih? Penyebab keringat berlebih adalah ketidakseimbangan dalam seluruh sistem di tubuh anda. Dalam kasus berkeringat berlebihan, mungkin ada ketidakseimbangan pada kelenjar keringat sebagai konsekuensi dari sistem saraf simpatis yang terlalu aktif.

Dalam istilah yang tidak terlalu rumit, keringat yang dihasilkan lebih besar dari yang diharapkan oleh tubuh. Proses keringat berlebih bisa terjadi secara signifikan pada area kaki, lengan, wajah, pangkal paha, punggung, dan paling sering ketiak.

Secara teoritis, keringat berlebih terutama disebabkan oleh olahraga berlebihan dari sistem saraf simpatik. Hal ini terjadi di bawah kontrol pikiran sadar kita. Sehubungan dengan keluar cairan dari tubuh yang berupa  keringat, komando pusatnya ada di dalam otak.

Dan selanjutnya, keringat ditentukan oleh bagian otak. Otak mengirimkan peringatan ke saraf keringat, dan pengiriman pesan ke kelenjar keringat pun terjadi secara berulang kali. Saat relay pesan berubah menjadi lebih aktif, kelenjar keringat secara otomatis menghasilkan jumlah keringat yang lebih besar.

penyebab keringat berlebih
Keringat berlebihan mempengaruhi sekitar 2-3% dari populasi dunia. Keringat diatur untuk menjaga tubuh Anda. Untuk beberapa kasus, keringat berlebih disebabkan oleh kondisi medis, sering disebut hiperhidrosis. Kondisi ini mungkin memalukan dan bisa membuat anda stres. Ada banyak penjelasan mengapa Anda berkeringat. Ada beberapa faktor yang bisa membuat  keringat berlebih.


Salah satu pelaku utama keringat berlebih bisa disebabkan oleh diet Anda. Makanan yang memiliki lemak dan jumlah gula berlebihan dapat menyebabkan tubuh untuk berkeringat lebih banyak. Gula dan lemak  dibutuhkan tubuh untuk menyingkirkan racun. Karena salah satu cara tubuh menghilangkan racun tidak sehat adalah dengan berkeringat.

Selain itu, berkeringat merupakan upaya untuk menghindari makanan olahan, karena makanan kebanyakan olahan memiliki racun tambahan untuk disingkirkan. Penyebab lainnya, makanan pedas dan alkohol juga dapat menyebabkan anda berkeringat.

Minum banyak air, mungkin membantu Anda menjaga suhu tubuh secara teratur agar kelenjar keringat dapat melakukannya secara normal juga. Cobalah untuk mengkonsumsi air lebih banyak ketika berolahraga atau di terik matahari untuk menghindari kemungkinan dehidrasi.

Makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan soda mengandung stimulan yang dapat menempatkan kelenjar keringat ke overdrive. Mengkonsumsi kafein yang lebih tinggi dapat meningkatkan kecemasan, dan ini hanya akan memperburuk situasi. Saya merekomendasikan anda untuk beralih ke mengkonsumsi air saja jika Anda merasa haus dan memerlukan hidrasi.

Pertimbangkan untuk membatasi, bahkan menghentikan konsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan terlarang. Alkohol, rokok dan obat-obatan terlarang mengandung zat kimia yang dapat merusaktubuh. Zat kimia tersebut juga membuat lebih sulit bagi tubuh untuk beroperasi dengan cara tradisional.