Skrining Untuk Kanker Kulit dan Risikonya

Skrining untuk kanker sering dianjurkan jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit kanker. Ini akan membantu dalam menemukan kanker lebih awal dan juga mengurangi kemungkinan menyerah pada penyakit. Dokter bahkan menggunakan beberapa jenis screen test untuk menemukan kanker pada beberapa pasien. Namun, ini terutama dibatasi untuk uji klinis yang memungkinkan dokter untuk mencari tahu mana orang memiliki risiko paling terkena kanker.

Skrining Untuk Kanker Kulit dan Risikonya
Manfaat terbesar dari suatu tes skrining kanker adalah untuk mendeteksi kanker sebelum dimulai menunjukkan gejala. Ketika pasien menerima perawatan dini untuk penyakit ini, hal ini meningkatkan kemungkinan pemulihan dan mengurangi kemungkinan kematian akibat kanker. Itulah mengapa tes skrining untuk kanker kulit adalah sangat penting.

Skrining untuk kanker kulit melibatkan beberapa langkah dan tidak hanya terbatas untuk tes laboratorium. Secara fisik memeriksa kulit dapat membantu mengidentifikasi kanker kulit dini. Dokter menyarankan bahwa  mereka memeriksa kulit pasien setiap bulan untuk setiap perubahan yang abnormal, yang harus segera dibawa dan menjadi perhatian mereka. Selain itu, orang-orang yang telah menderita kanker kulit yang sebelumnya harus memiliki pemeriksaan kulit yang dilakukan oleh dokter mereka.


Jika dokter menemukan sesuatu yang abnormal tentang patch tertentu dari kulit, biopsi akan dilakukan. Sebuah bagian dari kulit abnormal dikirim ke laboratorium untuk dimeriksa, di mana ahli patologi memeriksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah sel-sel kulit telah berubah ganas.

Biasanya, adalah mungkin untuk mendeteksi kanker tanpa biopsi dilakukan, seperti melanoma kulit cenderung tumbuh di bawah epidermis dan tidak pernah menembus dermis. Hal ini dimungkinkan untuk menyembuhkan kanker kulit jika belum menjalar ke bagian lain dari tubuh.

Namun, ada beberapa risiko yang terlibat ketika datang untuk tes skrining kanker kulit. Beberapa tes tidak dapat mendeteksi kanker. Hanya karena tes skrining mendeteksi kanker, itu tidak menjamin bahwa kesehatan Anda akan meningkatkan atau Anda akan hidup lebih lama. Hal ini terutama berlaku jika kanker telah mencapai stadium lanjut.

Beberapa kanker kulit tidak menunjukkan gejala apapun dan tidak pernah mungkin menjadi mengancam nyawa. Namun, ketika kanker ini ditemukan melalui tes skrining, mereka diperlakukan. Pengobatan untuk kanker memiliki beberapa efek samping yang tidak diinginkan dan tidak dapat mengimbangi manfaat pengobatan. Juga, adalah mungkin bahwa screen test memberikan hasil negatif palsu. Pada saat tes dapat menunjukkan kanker yang tidak hadir ketika itu dan ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam mendapatkan pengobatan yang tepat untuk kanker yang sudah mengganas.

Kemungkinan lain adalah bahwa screen test dapat menunjukkan hasil positif palsu ketika tidak ada kanker. Hal ini menyebabkan orang untuk melakukan pemeriksaan melalui biopsi yang tidak diinginkan dan kemudian menderita kecemasan sampai didiagnosis meyakinkan bahwa orang tersebut tidak menderita kanker.