Yoga untuk penderita asma

Yoga merupakan salah satu metode penyembuhan yang paling bermanfaat baik secara teoritis maupun  praktek, dan perlu untuk dimasukkan dalam Rencana Pengobatan Asma Anda.

Yoga untuk penyembuhan asma biasanya mencakup beberapa rutinitas bernapas unik dengan cara meditasi. Yoga telah dipraktekkan lebih dari 5000 tahun. Yoga bisa digunakan oleh siapa pun, tidak peduli keyakinan, usia, warna atau agama. Latihan pernapasan dalam yoga yaitu dengan menghirup dan menghembuskan napas. Energi Anda akan meningkat melalui pernapasan yang diolah secara teratur.

yoga untuk asma
Unsur utama untuk latihan pernapasan dalam adalah dengan menggunakan perut, tidak dengan dada Anda. Hirup napas dalam-dalam menggunakan hidung Anda (hitung sampai 4 kali hitungan), dorong perut keluar. Lakukan menarik diafragma ke bawah. Diafragma Anda benar-benar sebuah otot tubuh kuat yang memungkinkan udara keluar masuk ke paru-paru. Keluarkan udara melalui mulut selama 4 kali hitungan lagi.

Baca: 16 Rahasia Ilmu Pernafasan

Dalam pelatihan yoga kuno ada metode latihan menghirup dan menghembuskan napas yang disebut pranayama. Istilah pranayama berasal dari kata 'prana', yang berarti oksigen. Dalam istilah yang lebih luas kata prana diartikan sebagai kehidupan yang jelas dalam semua kegiatan penting dari makhluk hidup.

Prana adalah istilah sansekerta yang berarti energi vital atau daya hidup yang memberikan kehidupan bagi seluruh alam semesta termasuk kehidupan manusia.


Tujuan dari latihan pernapasan ini akan mengendurkan otot-otot daerah dada yang terlalu banyak bekerja. Selain itu, untuk mengajarkan kepada Anda supaya meninggalkan rutinitas dengan memanfaatkan daerah otot dada untuk pernapasan, dan mulai menggunakan otot-otot perut dan juga diafragma.

Untuk memahami pemanfaatan yang tepat dari diafragma dan dada bagian bawah penderita asma harus fokus pada pernapasan keluar bukan pernapasan masuk Jika Anda ingin mengatasi asma melalui obat alami, gunakan pernapasan dengan cara latihan menghirup dan menghembuskan napas melalui yoga.