Inilah Caranya Virus Nakal Merusak Hati

Bagaimana caranya virus hepatitis B merusak hati? Ditambah lagi kabar menyebutkan bahwa Si smart virus ini sulit diberantas secara sempurna.

Berikut ini vivanews.com mengabarkan.

Pernahkah Anda berpikir jika suatu hari dokter langganan menjatuhkan vonis tubuh Anda mengidap kanker hati kronis? Kanker hati atau hepatitis B bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia, jenis kelamin, pekerjaan, serta gaya hidup sehari-hari.

Tanpa disadari, mungkin penyakit itu sudah bercokol dalam tubuh sejak usia balita dan baru terdeteksi saat sudah memasuki usia produktif.

Dr Poernomo Boedi Setiawan, SpPD-KGEH menjelaskan, hepatitis B merupakan virus yang sangat mudah menular, bahkan lebih mudah dibanding virus HIV. Maka tidak heran jika virus ini termasuk virus yang paling sering terjadi di dunia dan merupakan penyakit hepatitis yang paling marak.


Virus tersebut hidup dalam darah dan bersembunyi dalam inti hati. "Virus hepatitis B merupakan 'smart virus' dan sulit dieliminasi dari dalam tubuh secara sempurna," katanya pada acara media briefing Indonesia Viral Hepatitis B di hotel JW Marriott, Jakarta.

Virus hepatitis B bisa ditemukan pada sperma, cairan vagina, dan air liur. Selain itu juga pada air seni, kotoran manusia, air mata, keringat, dan air susu ibu. Beberapa penularan bisa terjadi pada proses persalinan, yakni dari ibu pengidap hepatitis B positif kepada anak yang baru dilahirkan, orang yang sering melakukan kontak dengan pengidap, hubungan sex berisiko tinggi, serta penggunaan jarum suntik seperti pada penggemar tato, tindik, dan pengguna obat terlarang.

"Resiko penularan orang-orang tersebut lebih tinggi dibanding orang lain," tuturnya.