Kurangi Konsumsi Lemak Hewani

Lemak hewani merupakan campuran kompleks dari trigliserida yang memiliki proporsi lebih rendah dari fosfolipid dan kolesterol. Sumber makanan utama dari kolesterol termasuk keju, kuning telur, daging sapi, udang dan unggas. ASI juga mengandung kolesterol dalam jumlah cukup.

Jumlah kolesterol yang terdapat dalam sumber tanaman adalah lebih rendah bila dibandingkan dengan sumber hewan. Tanaman herbal seperti kacang dan biji rami yang mengandung pitosterol kolesterol seperti senyawa yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.


Asupan total lemak terutama dalam bentuk lemak jenuh memainkan peran lebih besar dalam kolesterol darah daripada asupan kolesterol itu sendiri. Lemak jenuh berlimpah hadir dalam produk susu penuh lemak, lemak hewan, coklat dan beberapa jenis minyak.

Menghindari konsumsi produk hewani yang kaya kolesterol tidak hanya mengurangi jumlah kolesterol tetapi juga dapat mengurangi sintesis kolesterol. Individu yang tertarik untuk mengurangi kadar kolesterol mereka melalui diet harus mengkonsumsi lemak hewan kurang dari 7% dari kebutuhan sehari-hari mereka.