Mencegah Demam Berdarah Dengue, Do it ini !

Merebaknya wabah demam berdarah dengue selama musim hujan, perlu diwaspadai penyebaran dan berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti, pembawa virus penyebab Demam Berdarah dengue, dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan.

Berikut ini beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah semakin merajalelanya virus penyebab demam berdarah dengue.

Mencegah Demam Berdarah Dengue dengan mencegah penyebaran Aedes Aegypti
Cara pengendalian DBD yang dapat dilakukan saat ini adalah memberantas nyamuk penularnya, karena vaksin untuk mencegah dan obat untuk membasmi belum ada. Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk selama 30 menit setiap minggu dengan cara 3M, yaitu:

Menguras tempat penyimpanan air seperti bak mandi, drum dan menyikat dinding bak mandi / bak air karena telur nyamuk selalu melekat pada dinding bak. Biasakan mengganti air di vas bunga, Aquarium mini atau kolam ikan mini di halaman rumah sekurang – kurangnya seminggu sekali. Untuk tempat – tempat air yang sulit dikuras, taburkan ABATE ke dalam genangan air atau kolam ikan yg ada dihalaman rumah untuk membunuh jentik – jentik nyamuk setiap 3 bulan sekali atau menaburkan bubuk abate pada dinding bak air sebelum di isi air kembali.


Menutup rapat tempat penampungan air seperti tempayan, ceret, dll

Membuang dan menguburkan barang bekas yang dapat menampung air seperti kaleng bekas, ban bekas, botol pecah, potongan bambu, tempurung kelapa,dan sebagainya.

Selain 3 M di atas, juga dianjurkan untuk membersihkan lingkungan rumah dari tumpukan sampah yang dapat menampung air hujan, talang air yang tersumbat oleh dedaunan, serta sampah plastik yang dapat menampung air hujan.(Sumber: http://hermanyudiono.wordpress.com/2011/05/06/bagaimana-mencegah-demam-berdarah)

Lebih spesifik lagi, anneahira.com menjabarkan perlunya melakukan beberapa hal berikut.
  • Membersihkan genangan-genangan air bersih, karena tempat inilah nyamuk meletakkan telurnya. Dengan tidak memberi kesempatan nyamuk untuk bertelur berarti kita memutuskan mata rantai penyebaran nyamuk ini.
  • Melakukan fogging atau pengasapan. Ini dilakukan untuk memberantas nyamuk dewasa penyebab demam berdarah
  • Jentik-jentik nyamuk tidak dapat dibasmi secara efektif dengan fogging. Cara terbaik untuk membasmi jentik-jentik nyamuk adalah dengan menaburkan abate pada tempat-tempat penampungan air. Cara lainnya adalah secara alami dengan ikan yang memakan jentik nyamuk tersebut.
  • Nyamuk penyebab demam berdarah dengue menyerang pada waktu pagi hingga siang hari. Karena itu perlindungan harus dilakukan pada saat tersebut. Misalnya dengan menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang serta kaos kaki. Jika tidak memungkinkan, gunakan lotion anti nyamuk untuk melindungi dari gigitan nyamuk.
  • Nyamuk sangat menyenangi tempat gelap dan lembab. Karena itu bersihkan rumah, sekolah, kebun dan tempat-tempat lainnya secara berkala. 

Itulah cara mencegah Demam Berdarah Dengue, Do it ini SEKARANG JUGA!