Serat makanan untuk kolesterol

Serat makanan memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan kita serta juga melindungi kita dari sejumlah penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Gandum dan oat meal berisi jenis khusus dari serat larut yang dikenal sebagai beta-glucan yang membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol LDL.

Serat makanan untuk kolesterol
Serat oat yang berbeda dari serat lain dalam cara yang mereka mengurangi kadar kolesterol jahat sedangkan kadar kolesterol baik tetap tidak berubah. Jadi dapat dikatakan bahwa serat oat membantu dalam mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Studi juga menunjukkan bahwa jika individu dengan tingkat tinggi HDL mengkonsumsi 3 g serat larut oat per hari kadar kolesterol total menurun.


Protein kedelai juga melindungi terhadap penyakit jantung dan hiperkolesterolemia karena mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Hal ini juga mencegah oksidasi kolesterol jahat sehingga tidak mungkin mengental di dinding arteri.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa minum teh hijau dan teh hitam dapat mengurangi konsentrasi kolesterol darah, tekanan darah dan menghambat pembekuan darah dan juga memberikan beberapa perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Teh hijau kaya catechin sedangkan teh hitam mengandung flavin yang menghambat oksidasi kolesterol jahat.

Teh juga mengandung asam folat yang membantu dalam mengurangi risiko serangan jantung dan kanker. Seseorang bisa mendapatkan 25% dari RDA untuk asam folat dengan minum lima cangkir teh dalam sehari.