5 langkah mengatasi mata kering

Mata kering ditandai oleh kondisi mata yang merah dan perih. Berikut ini 5 langkah bagaimana mengatasi mata kering.


1. Pilih lensa kontak yang bebas pengawet
Pengawet dapat menyebabkan iritasi mata, kering, dan gatal. Bila Anda menggunakan lensa kontak, pilihlah lensa kontak yang tidak mengandung bahan pengawet. So, cobalah untuk lebih selektif dalam memilih lensa kontak.


2. Hindari menggunakan tetes mata
Jika mata Anda terasa kering namun tak memerah, jangan langsung menggunakan tetes mata. Obat tetes tersebut mengandung decongestan yang justru bisa mengecilkan pembuluh darah mata. Ini dapat membahayakan penglihatan.


Fungsi tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan iritasi, bukan obat untuk mata kering.

3. Buat suhu lebih lembab
AC di ruang kerja juga dapat memicu mata kering. Untuk itu, tingkatkan kelembaban di dalam ruangan dengan alat bantu untuk menciptakan kelembaban tersebut. Jika mungkin, buka jendela sesekali untuk menghasilkan kelembabab alami.

4. Kurangi konsumsi minuman beralkohol
Minum minuman beralkohol tidak hanya membuat mulut kering, tetapi juga mata Anda. Jika Anda menyukai minuman tersebut, sepertinya Anda harus mengurangi konsumsinya. Untuk menghindari risiko mata kering.

5. Pengobatan sebelum tidur
Jika Anda sering bangun di pagi hari dan merasa mata Anda kering, perih, dan gatal, Anda dapat mencegahnya dengan memakai salep mata pelembab. Obat ini banyak tersedia di apotek. Oleskan sebelum tidur, mata akan terasa buram namun keesokan harinya akan terasa segar dan lembab. (MedicMagic/TNT/MEL).

Sumber: kesehatan.liputan6.com