Bahaya kandungan jajanan jalanan bagi anak

Bahaya kandungan jajanan jalanan bagi anak. Memang sulit mengendalikan anak yang suka jajan sembarangan di jalanan. Tapi setidaknya dengan mengetahui kandungan jajanan di jalanan, anda akan lebih waspada lagi terhadap jajanan di jalanan. Terutama memberikan pengertian yang lebih kepada si kecil yang doyan jajan di jalanan.

Dengan tanpa bermaksud mendiskreditkan para pedagang di jalanan, karena saya tahu bahwa tidak semua jajanan di pinggir jalanan buruk, sebagaimana dikutif info-sehat.com inilah bahaya kandungan jajanan jalanan antara lain:

Air mentah, beberapa penjual minuman segar seperti dawet, cendol, sirup dsb tak semuanya menggunakan air matang untuk dagangannya. Hal ini karena harga bahan bakar yang tinggi yang tidak menutup untuk harga penjualan. Padahal ini sangat bahaya, minimal diare dapat menyerang si Kecil.

Pemanis dan pewarna buatan
, jelly dan permen-permen ataupun kue-kue kecil yang djajakan di lingkungan sekolah tak layak bagi kesehatan. Gula dan pewarna buatan memiliki harga yang cukup jauh dengan gula alami. Padahal jika dikonsumsi dalam waktu yang lama, para ahli menyatakan dapat mengganggu sirkulasi darah, hiperaktif, kanker hingga gangguan mental.


Bahan narkoba, belakangan ini ada kasus yang menyatakan seorang penjaja makanan yang menawarkan permen yang dibubuhi narkoba. Si Kecil bisa kecanduan dan menjadi budak narkoba dalam masa depannya.

Kemasan Plastik
, hamper semua bahan makanan anak-anak di sekolah dikemas dalam plastik. Pembungkus gorengan, pembungkus es, dll. Padahal tidak semua plastik ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Bahan plastik yang terbuat dari campuran bahan kimia ini bisa memberikan andil penyakit kemudian hari.

Itulah beberapa alasan bahanya kandungan jajanan jalanan terutama bagi anak anda. So, waspadalah!