Blustru, tanaman herbal 100% manfaat

Blustru, tanaman herbal 100% manfaat. Artinya semua bagian dari tanaman herbal blustru ini, seperti buah, kulit buah, tangkai buah, biji, sabut, daun, bunga, batang, dan akar, dapat digunakan.

Blustru (Luffa cylindrica [L.] Roem.)) yang termasuk ke dalam familia cucurbitaceae ini umumnya tumbuh dan ditanam di ladang, dirambatkan pada pagar halaman sebagai tanaman sayur, atau tumbuh liar di semak, tepi sungai, dan pantai.

Blustru, tanaman herbal 100% manfaat

Buah dari tumbuhan blustru ini dapat tergantung atau tergeletak di atas tanah, mempunyai bentuk silindris atau bulat memanjang, panjang 10-50 cm, dengan garis tengah 5-10 cm, jika sudah tua berwarna cokelat.

Bagian dalam buah yang sudah masak terdapat anyaman sabut yang rapat. Bijinya gepeng dengan tepi berbentuk sayap, licin, berwarna hitam. Buah muda dapat disayur, sedang daun muda dapat digulai atau dibotok. Sabutnya dapat digunakan untuk mencuci perabotan rumah tangga.Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.

Blustru memiliki beberapa nama daerah atau dikenal dengan nama-nama sebagai berikut.


Sumatera: blustru (Melayu),- hurung jawa, ketola, timput (Palembang). Jawa: lopang, oyong (Sunda), bestru, blestru, blustru (Jawa). Maluku: dodahala (Halmahera), petola panjang, p. cina. NAMA ASING: Si gua luo (C), patola, taboboc (Tag.), sponskomkommer, zeefkomkommer (B), sponge gourd, gourd towel, loofah (I). Nama simplisia Retinervus Luffae Fructus (sabut buah blustru), Luffae Folium, (daun blustru).

Itulah Blustru, tanaman herbal 100% yang sarat manfaat.