Brokoli dan manfaat dahsyatnya

Brokoli termasuk ke dalam tanaman jenis kubis-kubisan. Brokoli memiliki manfaat yang dahsyat. Selain brokoli bermanfaat untuk mempercepat pemnyembuhan dari sakit, brokoli yang paling umum dikenal adalah sebagai sayuran anti kanker.

Brokoli, tanaman yang mirip dengan kembang kol ini, kaya akan provitamin A atau karotenoid, vitamin E, asam folat dan vitamin C. Menurut beberapa pakar kecantikan, vitamin A pada brokoli mengandung antioksidan yang lebih baik dibandingkan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C.

Brokoli dapat dikonsumsi secara langsung dengan di-jus atau dengan dimasak terlebih dahulu. Namun, untuk disantap, perlu dimasak selama beberapa menit saja. Pemasakan yang terlalu lama juga dapat mengurangi khasiat brokoli.

Perbanyakan brokoli, tanaman yang cocok dibudidayakan di dareh pegunungan ini, dapat dilakukan dengan biji. Saat ini untuk perbanyakan tanaman brokoli yang efektif dan bermutu tinggi salah satunya melalui perbanyakan secara in-vitro.


NAMA DAERAH: Brokoli Nama asing Broccoli (I). Nama simplisia Brassicae oleraceae Flos (bunga brokoli).

Kandungan brokoli yang penting dan bermanfaat antara lain: air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide), kalsium, beta karoten, dan glutation. Selain itu, brokoli mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation. Kandungan zat berkhasiatnya, yaitu sulforafan yang dapat mencegah penyakit kanker.

brokoli manfaat dahsyat brokoli

Brokoli (Brassica oleracea var. italica)
Sinonim : Brassica oleracea var botrytis subvar.cymosa
Familia : cruciferae (brassicaceae)

Brokoli dan manfaat dahsyatnya.