Buah Makasar

Buah Makasar, sekilas mungkin anda menganggap buah makasar adalah buah ynag berasal dari makasar. Dimakasarnya sendiri buah makasar dikenal dengan nama tambara marica.

buah makasar buah makasar heboh
Buah makasar tumbuhan yang biasa tumbuh liar di hutan, atau kadang-kadang ditanam sebagai tanaman pagar ini dapat diperbanyak dengan biji.

Buah Makasar tumbuh pada daerah dengan ketinggian 1-500 m dpl. Jadi buah makasar tidak dapat tumbuh atau jarang ditemukan tumbuh di daerah pegunungan.

Berikut ini nama lokal buah makasar, mungkin anda bisa mengenalinya. Sumatera: dadih-dadih, tambar sipago, t. sipogu, t. bui, malur, sikalur, belur. Jawa: kendung peucang, ki padesa, kuwalot, trawa!ot, walot (Sunda), kwalot (Jawa). Sulawesi: tambara marica (Makasar). Maluku: nagas (Ambon). NAMA ASING Ya dan zi (C), false sumac, java brucea fruit (I). NAMA SIMPLISIA Bruceae Fructus (buah makasar).


Buah makasar mengandung zat aktif, seperti asam oleat, bruceine. Rasa buah makasar pahit, sifatnya dingin, beracun (toksik). Khasiat buah makasar dapat membersihkan panas dan racun, menghentikan perdarahan (hemostatis), membunuh parasit (parasiticic), antidisentri, dan antimalaria.

Buah makasar.