Buah nona, si nyonya yang menyegarkan

Buah nona dalam bahasa daerah Ambon disebut sebagai Buwah nyonya. Mau buah nona atau pun buwah nyonya yang penting buah nona ini memiliki rasa yang manis dan enak.

Bentuknya yang khas membuat buah nona mudah sekali diingat. Hmmm.. apalagi buah nona yang masak, buah nona ini sungguh menggoda sepertihalnya nona-nona yang cantik :)

Buah nona, si nyonya yang menyegarkan

Buah nona (Annona reticulata L.) dapat mencapai tinggi 3-7 m, semua bagian jika diremas berbau kuat. Daun memanjang sampai bentuk Ianset, 9-30 kali 3,5-7 cm, cukup lemas, tepi rata. Bunga dalam karangan yang pendek, berbunga 2-10.

Buah nona, si nyonya yang menyegarkan

Daun kelopak waktu kuncup tersusun secara katup, segitiga kecil, pada pangkalnya bersatu. Daun mahkota terluar berdaging sangat tebal, 2-3 cm panjangnya, dari dalam putih kekuningan, dengan pangkal berongga akhirnya ungu. Daun mahkota yang dalam sangat kecil. Dasar bunga meninggi. Benang sari banyak, putih. Penghubung ruang sari di atas ruang sari melebar, dan menutup ruangnya. Bakal buah banyak. Kepala putik boleh dikatakan duduk.


Buah majemuk lebih kurang bentuk bola, garis tengah 5-12 cm; anak buah khususnya dengan ujung datar, juga pada waktu masak masih berhubungan. Biji coklat hitam. Daging buah putih kotor. Pohon buah dari Hindia Barat. Bagian yang Digunakan Biji, buah muda, dan daun.

Khasiat buah naga


Buah nona yang termasuk ke dalam familia Annonaceae (Anacardiaceae) ini memiliki nama-nama lokal (daerah) sebagai berikut:

Buwah nona, Buah nona kapri, Jambu nona. Serba rabsa (Aceh); Buwah unah (Lampung); Manowa, Nona (Sunda); Kanowa, Kemulwa, Kluwa (Jawa); Buwah nyonya (Ambon). NAMA ASING: NAMA SIMPLISIA Annonae reticulatae Semen; Biji Buah Nona. Annonae reticulatae Folium; Daun Buah Nona.