Buncis, obat kencing manis

Advertisement
Buncis (Phaseolus vulgaris L.). Tanaman buncis Familia Papilionaceae (Leguminosae) sangat sedikit referensi penggunaan untuk pengobatan herbal.

Saya baru mengenal buncis digunakan sebagai obat kencing manis, selain bisa juga untuk pelancar ASI. Namun demikian, saya masih merasa yakin bahwa manfaat buncis akan lebih banyak lagi ditemukan seiring dengan waktu.

Buncis, obat kencing manis

Untuk obat kencing manis, buncis dikonsumsi sebagai lalap biasa. Buah Buncis 250 gram, dikukus. Dimakan sebagai lalap tiga kali sehari, tiap kali makan 250 gram.

Dikutip dari iptek.net.id, Biji dan buah buncis dijumpai dalam banyak variasi dan diperdagangkan dengan nama yang sangat berbeda sebagai sayuran, buncis coklat dan putih, buncis spercie dan snijbonen, buncis peluru dan kievitsbonen, dsb. Bagian yang Digunakan Buah dan Biji.


Komposisi buncis mengandung alkaloid, flavonoida, saponin, triterpenoida, steroida, stigmasterin, trigonelin, arginin, asam amino, asparagin, kholina, tanin, fasin (toksalbumin), zat pati, vitamin dan mineral.

Buncis, obat kencing manis
.
Advertisement
Buncis, obat kencing manis | Najla Alliya | 5