Mengapa anak sering terbangun tengah malam dan menjerit-jerit histeris?

Advertisement
Mengapa anak sering terbangun tengah malam dan menjerit-jerit histeris? Seperti yang terjadi pada anak saya akhir-akhir ini, dan sudah terjadi dari sekitar dua mingguan yang lalu.

Saya menemukan informasi di sebuah blog (maaf lupa nama blognya), menyimpulkan bahwa ada dua penyebab jika anak sering terbangun tengah malam dan menjerit-jerit histeris, tentu dengan beberapa alasan pendukung lainnya, sebabnya yaitu jika anak tidak melihat jin, kemungkinan kedua yaitu kemasukan jin.

Waduh ngeri juga, segitunyaaa...! Alasan tersebut juga mungkin tidak mengada-ada. Semuanya saya temukan pada diri anak saya yang selalu menunjuk-nunjuk suatu tempat, ingin diam di kamar kosong dan dalam keadaan gelap.

Mengapa tidak? Hal ini berturut-turut terjadi sudah dalam dua mingguan terakhir ini. Anak saya pun masih berumur 2 tahun, jadi ya nggak mungkin hanya mencari-cari cara ingin ngaheureuyan ortunya.


Namun begitu saya punya alasan sendiri. Alasan ini mungkin tidak se-magis dan tidak semenyeramkan alasan di atas. Anak saya sering terbangun tengah malam dan menjerit-jerit histeris bisa jadi di sebabkan oleh beberapa faktor.

Pertama, pada saat sore menjelang malam sering bermain dengan kakaknya dengan keterlaluan. Ehhmm bagaimana ya mengartikannya? Intinya bermain ketawa-tawa atau ngoleg dengan berlebihan, lah. So ada benarnya juga pepatah ortu baheula, ya!

Kedua, suhu kamar kali yang saat ini agak-agak gerah saat menuju malam. Buktinya si anak sampai gogoleran di bawah lantai. Sepertinya badannya ikut kepanasan.

Ketiga, ini mungkin alasan psikologis, maybe si anak rindu dengan suasana kamar dulu. Memang saat ini kami sekeluarga pindah kamar semenajak dibikin kamar baru. :)

Mengapa anak sering terbangun tengah malam dan menjerit-jerit histeris?

Mengapa anak sering terbangun tengah malam dan menjerit-jerit histeris? | Najla Alliya | 5