Bungur kecil, sikecil yang mantap

Bungur kecil, sikecil yang mantap. Pada post sebelumnya dibahas bungur sebagai obat alami diare. Ramuan obat alami tersebut menggunakan bungur. Ada lagi "turunannya kali", nah kalo yang ini namanya bungur kecil.

Sekilas mungkin terlihat sama antara bungur dengan bungur kecil. Oke biar lebih jelas penampakaannya, berikut saya perlihatkan gambar bungur kecil.

Bungur kecil, sikecil yang mantap
Bungur kecil
Mungkin perbedaan dan persamaannya tidak terlalu signifikan, tapi setidaknya dengan melihat seklas gambar tersebut di atas, jika suatu saat bertemu pohon bungur, anda bisa membedakan secara kasat mata apakah itu tergolong bungur atau bungur kecil.

Bungur, obat alami kencing manis

Bunugr kecil (Lagerstroemia indicct L.) biasanya ditanam sebagai tanaman hias di taman dan di halaman rumah, atau bisa ditemukan sebagai tumbuhan liar di tebing-tebing dan tepi hutan


Inilah nama lokalnya dari bungur keci: Bungur jepang. NAMA ASING Zi wei hua, tzu hui (C), crape myrtle (I). NAMA SIMPLISIA Lagerstroemiae indicae Radix (akar bungur kecil), Lagerstro miae indicae Flos (bunga bungur kecil ).

Akar rasanya agak pahit, sifatnya netral, astringen. Khasiat akar bungur kecil adalah merangsang proses sirkulasi, menghentikan perdarahan (hemostatis), antiradang, peluruh kencing (diuretik), dan menetralisir racun (detoksikan). Bunga, daun, dan kulit kayu berkhasiat sebagai pencahar (laksatif).

Untuk pengobatan herbal, Bagian yang biasa digunakan adalah akar, bunga, daun, dan kulit kayu. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu jemur sampai kering agar dapat disimpan dan digunakan, jika diperlukan.