Buni yang bersembunyi

Buni yang bersembunyi. Wah, apalagi nih.. pohon kok namanya buni, kesannya bersembunyi aza :)

Ya, saya menemukan lagi sebuah informasi lagi tentang pohon buni yang merupakan salah satu tanaman herbal. Kenapa saya sebut taanaman herbal, pasalnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan herbal.

Berdasarkan pengetahuan yang saya dapat bahwa buni, atau lebih tepatnya bagian dari tanaman herbal buni yang bisa digunakan untuk obat alami yaitu bagian daun, ranting dan buah.

Oke, lalu kegunaan dan manfaat tanaman herbal buni ini apa ya?

Inilah manfaat tanaman herbal buni, silahkan dicatat ya... :)

- Kurang darah, darah kotor.
- Tekanan darah tinggi.
- Jantung berdebar.
- Batuk, gangguan pencernaan.
- Sifilis, kencing nanah.

Oya, belum ngeuh jika anda belum melihat gambarnya, ya kan? Berikut penampakan tanaman herbal buni.

Buni, Buni yang bersembunyi
Buni

Buni(Antidesma bunius (L.) Spreng.) merupakan pohon buah, tinggi 15-30 m. Pohon berbatang sedang ini tersebar di Asia Tenggara dan Australia, di Jawa tumbuh liar di hutan atau ditanam di halaman dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.400 m dpl.

Mungkin anda lebih mengenal dengan nama lokal pohon buni di daerah anda sebagai berikut.

Barune, huni, h. gedeh, h. wera (Sunda), wuni (Jawa); Burneh (Madura), buni, katakuti, kutikata (Maluku); Bune tedong (Makasar); U ye cah (China).


SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Rasa asam. Peluruh keringat, hilangkan racun, hilangkan haus, meningkatkan sirkulasi darah. KANDUNGAN KIMIA: Kulit batang rasanya sepat, mengandung sedikit alkaloida yang beracun. Daun: Friedelin.

Buni yang bersembunyi.