1001 Khasiat Kacang Panjang

Khasiat Kacang Panjang. Tidak banyak yang mengenal khasiat kacang panjang. Padahal pastinya sudah banyak yang mengenal dan biasa  menjadikan kacang panjang ini sebagai santapan sayur atau urapan dan lalapan. Kacang panjang sudah dikenal luas oleh masyarakat kita.

Tumbuhan kacang panjang merambat dan dapat tumbuh di mana saja mulai tegalan, sawah, pematang dan pekarangan rumah. Dia dapat tumbuh dengan baik di tanah gembur dan mengandung humus, dapat menahan air dan PH-nya 5,5-6,5. Tanaman asal Afrika ini dapat tumbuh pada ketinggian 1-1.000 m di atas permukaan laut.

khasiat kacang panjang
Kacang Panjang
Bunga tumbuhan ini terdapat pada ujung tangkai yang panjang, berwarna putih, kuning atau biru dan mekar di pagi hari. Buah tanaman yang disebut kacang perut ayam (Melayu) ini berbentuk polong dan panjang dapat mencapai 75 cm. Bijinya bulat panjang dengan lekukan di tengah, berbentuk seperti ginjal, berwarna merah tua, putih, hitam serta belang-belang.

Perbanyakkan tumbuhan ini adalah dengan biji yang disebar dan hasilnya dapat dipanen setelah berumur 10-16 minggu.

Khasiat Kacang Panjang

Khasiat kacang panjang sangat banyak antara lain: antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.

Cara pengolahan kacang panjang untuk mencegah dan mengatasi beberapa penyakit seperti:
Untuk mengatasi pembengkakan, gunakan 200 gram kacang panjang, 20 gram bawang putih, gula merah secukupnya dimasak menjadi sup dan dimakan secara teratur.

Kacang panjang untuk berkhasiat untuk peluruh kencing, ambil 150 gram seluruh bagian tumbuhan kacang panjang, 30 gram kulit semangka direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc saring airnya dan diminum.

Mengatasi sakit pinggang dengan menggunakan 200 gram biji kacang panjang, 20 gram jahe merah, 25 gram kencur direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc saring airnya dan diminum.


Untuk meningkatkan stamina, cepat lelah dengan menggunakan 100 gr kacang panjang, 5 buah angco dibuang bijinya, 25 gram kencur direbus dengan air 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring lalu tambahkan madu secukupnya, airnya diminum, angco, dan kacang panjangnya dimakan.

Mengobati batu ginjal dengan menggunakan 200 gram kacang panjang, 200 gram asparagus diblender dengan air secukupnya hingga tertampung 200 cc lalu direbus hingga mendidih dan airnya diminum hangat-hangat.

Mengatasi kurang darah (anemia), gunakan 200 gram kacang panjang, 100 gram anggur, hati ayam secukupnya dimasak sesuai selera, dimakan secara teratur.

Untuk menambah nafsu makan, gunakan 100 gram kacang panjang, 40 gram temulawak, 3 buah kiam boi/sun boi direbus dengan air secukupnya, saring lalu airnya ditambakan madu secukupnya dan diminum.

Mengatasi sembelit, gunakan 200 gram kacang panjang, 100 gram daun ubi jalar dimasak sesuai selera dimakan secara teratur.

Kacang sebagai obat anti-kanker, gunakan kacang panjang, buncis, brokoli, wortel masing-masing secukupnya dimasak menjadi tumisan dengan ditambah bumbu-bumbu hingga matang, dimakan secara teratur.

Catatan:
Lakukan 2 kali sehari secara teratur dan tetap konsultasi ke dokter; jahe merah dapat dibeli di pasar Inpres Senen Blok VI; Angco, kiam boi/sun boi dibeli di supermarket.

[Prof HM Hembing Wijayakusuma, ahli pengobatan tradisional
dan akupunktur, Ketua Umum Himpunan Pengobat Tradisional
Akupunktur se-Indonesia (Hiptri)]
suarakarya-online.com

Khasiat Kacang Panjang.