Makanan untuk Atasi Nyeri Haid

Para wanita banyak melakukan berbagai cara untuk mengatasi nyeri haid, salah satunya pasti mengkonsumsi jamu-jamuan. Selain mengkonsumsi jamu-jamuan, baik yang instan atau pun bikinan sendiri (misalnya pada post cara mengatasi nyeri haid dengan asam), berikut ada tips lainnya untuk mengatasi nyeri haid.

Cara alami ini cukup sederhana, seperti yang ditulis Ghiboo.com, anda hanya perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan sebagai berikut.

nyeri haid

Karbohidrat kompleks

Sebelum dan selama menstruasi, muncul keinginan yang besar untuk mengonsumsi gula dan karbohidrat sederhana. Anda sebaiknya jeli dengan tipe karbohidrat yang dikonsumsi.

"Yang terbaik adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk menjaga energi agar tetap stabil. Ada beberapa makanan yang bisa dipilih, seperti oatmeal, kentang manis atau whole wheat pasta dan beras merah bisa diandalkan," ungkap Marissa Lippert, seorang ahli gizi.

Makanan tersebut tak hanya mengandung serat, namun juga menjadi sumber magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh saat siklus menstruasi.

Kacang atau Biji-bijian

Pilih kacang-kacangan sebagai cemilan di kala haid. Makanan ini mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengurangi gejala PMS. Kacang tak hanya baik untuk sistem pencernaan namun juga membantu menstabilkan kondisi emosi, karena biji-bijian kaya akan karbohidrat kompleks yang mampu meningkatkan serotin, zat kimia yang menimbulkan rasa senang dan relaksasi.

Susu atau yoghurt

Keduanya merupakan sumber kalsium. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 1.200 mg kalsium per hari mengalami penurunan nyeri haid hingga 30 persen. "Jika ada satu nutrisi yang dibutuhkan wanita untuk mengalahkan rasa nyeri haid adalah kalsium," papar Karen Ansel, juru bicara Asosiasi Diet Amerika.