Menjaga Kesehatan Mata (10 + 11) Tipsnya

Menjaga kesehatan mata hukumnya wajib. Mata merupakan anugrah terindah dari Sang Pencipta yang wajib kita jaga kesempurnaannya. Bayangkan bagaimana jadinya jika suatu saat anda tidak bisa melihat. Tentu anda tidak dapat menikmati keindahan-keindahan dari ciptaan-Nya, bukan?

So, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, sebagai salah satu bukti ibadah kita terhadap sang pencipta.

Berikut ini 11 tips bagaimana cara menjaga kesehatan mata yang saya baca dari forum.kompas.com. Sepertinya penting untuk saya share di sini.

  1. Pada saat menulis dengan tangan kanan, pastikan cahaya disisi kiri sehingga bayangan tidak menutupi tempat yang akan ditulis.
  2. Minum banyak air. Ini memeang tips perawatan mata yang efektif.
  3. Jika terjadi pembesaran lingkaran bawah mata, gunakan mentimun atau kentang untuk mengobatinya.
  4. Gunakan kacamata atau payung untuk menghindari sinar matahari langsung.
  5. Rendam kapas dalam susu hangat. kompres pada mata, hal ini memberikan efek untuk menenangkan mata.
  6. Istirahatkan mata anda setiap 20 menit.
  7. Latih untuk mengendurkan otot-otot mata dengan menutup mata pada interval yang tetap. Pada saat menutup mata coba pikirkan hal yang menyenangkan.
  8. Mata Merah atau gatal dapat mengunakan air hangat dicampur garam.
  9. Jika mata cenderung menggembung, cobalah tidur siang sebentar, itu akan membantu.
  10. Konsumsi vit-A yang baik untuk mata.
  11. Jauhi dari lampu yang mengeluarkan panas.
11 list di atas penting diperhatikan, setidaknya cara-cara tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi cara mengobati mata minus. Dan lebih lanjut, beautydaylily.com membeberkan secara detil lagi 10 tips menjaga kesehatan mata. Cekidot, ini dia tipsnya!

Menjaga Kesehatan Mata

1. Makan banyak buah dan sayur, terutama yang mengandung banyak vitamin A seperti tomat dan wortel. Selain itu, kandungan beta karoten dalam wortel adalah substansi terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Baca juga obat mata minus.

2. Hindari memakai lensa kontak/contact lense lebih dari 19 jam karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan penglihatan secara ekstrim dan membuat mata tidak nyaman.

3. Gunakan tetes mata yang mampu mengatasi alergi seperti mata merah atau gatal-gatal selama musim alergi. Tapi ingat untuk menggunakannya sesekali saja karena penggunaan setiap hari hanya akan membuat kondisi mata memburuk. Baca label aturan pakai dengan teliti. Tidak boleh meneteskan banyak-banyak selama pemakaian lensa kontak. Selain itu, Anda harus berhati-hati memiilih obat tetes mata untuk menghindari kemungkinan bahaya bahan kimianya. Berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu.

4. Dinginkan 2 potong mentimun, masukkan ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit, kemudian letakkan di atas mata dan tekan pelan-pelan selama 10 menit sebelum tidur malam untuk menghindari bengkak saat bangun.

5. Pakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari terpaan sinar matahari. Pilih lensa kacamata yang berpolar, bukan hanya yang gelap. Lensa gelap hanya akan membuat pupil mata Anda membesar tanpa melindunginya dari sinar matahari. Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama akan sangat berbahaya untuk penglihatan Anda. Perlindungan yang dilakukan sekarangakan sangat berguna di masa mendatang.

6. Jangan terlalu lama menatap layar komputer karena hal itu akan membuat mata Anda minus. Alihkan pandangan dari layar komputer selama 2 sampai 3 menit agar mata tidak tegang. Lakukan yoga mata setiap jam apabila Anda harus menatap layar komputer selama berjam-jam. Caranya adalah dengan mengedipkan mata 50 kali dengan sangat cepat untuk melatih dan merelakskan otot-otot mata.

7. Gunakan goggle atau pelindung mata lain saat Anda harus berhadapan dengan zat-zat kimia berbahaya atau di tempat yang mungkin mengandung gas-gas berbahaya.

8. Relakskan mata Anda. Lihatlah ke tempat-tempat yang lapang dan didominasi warna hijau untuk memberikan kesegaran.

9. Kunjungi dokter spesialis mata minimal setahun sekali untuk mendapatkan diagnosa tepat tentang penyakit mata, terutama jika penyakit mungkin harus ditangani dengan kaca mata, lensa kontak, atau operasi. Dokter juga akan mengecek mata kering, masalah pada retina, dan bahkan kondisi kesehatan seluruh tubuh seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Beberapa penyakit tanpa gejala seperti glaukoma (yang bisa menyebabkan buta total) juga bisa dideteksi lebih dini.

10. Letakkan dua kantung teh di dalam lemari es, dan setelah Anda pulang kerja, letakkan kedua kantung tersebut di atas mata Anda lalu tekan secara perlahan. Cara ini dapat menyembuhkan mata lelah.

Itulah 10 + 11 tips menjaga kesehatan mata

0 Response to "Menjaga Kesehatan Mata (10 + 11) Tipsnya"

Poskan Komentar