Obat Wasir Alami

Pengobatan wasir melalui terapi alternatif atau obat wasir alami adalah salah satu pengobatan yang mendapatkan penerimaan dengan dokter secara konvensional. Beberapa terapi menawarkan penghilang rasa sakit alami wasir dan membantu mencegahnya dari kambuh.

Terapi Nutrisi untuk Wasir

Terapi nutrisi merupakan salah satu obat alami dapat mengurangi rasa sakit dari wasir dan mencegah wasir datang kembali di masa yang akan datang. Salah satu cara untuk mencegah mengedan yang dapat menyebabkan wasir adalah dengan memastikan tinja lebih lunak. Sertakan serat dan banyak minum air atau cairan tanpa kafein. (Kopi dan minuman lainnya yang mengandung kafein hanya dapat melatih usus besar untuk menjadi malas, hanya memproduksi buang air besar dengan bantuan rangsangan buatan.)

Suplemen nutrisi tertentu seperti vitamin C dan bioflavonoid dapat memperkuat dinding pembuluh darah dan merupakan cara lainnya mencegah wasir. Kelebihan berat badan juga bisa membuat seseorang rentan terhadap wasir, sehingga penurunan berat badan adalah ide yang baik.

Selain pencegahan, terapi nutrisi dapat membantu meringankan rasa sakit wasir juga. Makanan tertentu, seperti kopi, lada merah, mustard, dan alkohol, dapat mengiritasi wasir karena mereka berpindah dari dalam tubuh. Hindari ini.

Konsumsi serat tidak larut dan larut dalam diet harian Anda dalam jumlah yang cukup, bersama dengan minum setidaknya delapan 8 gelas air, menghilangkan masalah kotoran keras.

Sumber yang baik dari serat tidak larut meliputi:
  • dedak gandum
  • buah-buahan seperti apel dan pir
  • sayuran seperti wortel dan bayam
  • beras merah

Sumber serat larut yang baik antara lain:
  • oatmeal
  • brokoli

Obat Wasir Alami untuk Wasir

Obat wasir alami melalui pengobatan herbal dapat digunakan untuk mengecilkan dan memperkuat pembuluh darah di sekitar anus, memberikan bantuan dari rasa sakit dan pendarahan wasir.

Berikut ini contoh ramuan obat wasir alami yang bisa anda coba di rumah (sumber: PR Minggu, 12 September 2004)

Daun handeuleum

Daun ini di Jawa disebut dengan Daun Ungu, di Madura disebut dengan Karotong sedangkan di Bali dikenal sebagai Temen. Dalam bahasa Latin disebut dengan Latya graptophyllum pictum L.Griffith.

Daun yang berwarna lembayung atau ungu ini, bisa dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus bahkan bisa dibuat sayur.

Ambil 7-8 lembar daun ini, Adas 1 sedok dan Pulosari setengah jari. Kemudian rebus dengan 2 gelas air (500 ml), dengan api kecil, sehingga airnya tersisa 1 gelas lagi.

Untuk penderita wasir derajat 3-4, minum sehari tiga kali. Sedangkan untuk wasir yang masih ringan, air rebusan tadi bisa diminum dalam 2-3 kali. Jika ingin lebih enak, maka bisa ditambahkan seiris temu lawak dalam rebusan tadi.

Daun pegagan

Disebut dengan Cantella asiatica L.

Di tanah air disebut juga dengan Antanan atau Kalikuda. Daun ini dikenal sebagai obat penguat lambung.

Caranya: Ambil segenggam daun pegagan yang segar, lalu rebus dengan tiga gelas air dalam api kecil. Setelah airnya tinggal setengah gelas, dinginkan lalu disaring. Minum dua kali sehari.

Daun cocor bebek (Desmidium triquetrum)

Di Jawa tanaman ini dikenal dengan nama Gulu Walung atau Kicongcorang.

Caranya: Daun diiris tipis, dikeringkan lantas dibuat tepung. Saat diperlukan, seduh dengan air mendidih (1 sendok teh). Diminum tiga kali sehari.

Daun jawer kotok (Coleus scutellaroides)

Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan Miana atau daun Iler.

Cara pengolahannya sama dengan Daun Ungu.

Lidah buaya (Aloe vera)

Tanaman yang sudah banyak dikenal ini, karena berbagai khasiatnya, ternyata menurut data empiric bisa juga digunakan sebagai obat anti wasir.

Caranya: Ambil lidah buaya ukuran besar, lalu dikupas, cincang dan blender. Tambahkan air hangat satu gelas dan 2 sendok teh madu. Minum sehari dua kali untuk mereka yang menderita wasir derajat 3-4.

Akar kangkung

Bagian tanaman yang diabaikan ini, ternyata bisa juga dipakai untuk mengobati wasir. Yang paling baik adalah akar kangkung cabut.

Caranya: Ambil satu genggam akar kangkung, tambahkan adas 1 sendok teh, pulasari 1/3 jari. Kemudian rebus dengan 2-3 gelas air dengan api kecil, teruskan sampai airnya tinggal 1-1 1/2 gelas, dinginkan, saring dan minum dua kali sehari.

Hidroterapi untuk Wasir


Hidroterapi menggunakan air digunakan untuk meringankan rasa sakit wasir dan mendorong sirkulasi darah di daerah sekitar anus. Jenis-jenis hidroterapi yang umum digunakan untuk wasir adalah mandi (merendam daerah sekitar anus) secara bergantian hangat dan dingin, contohnya:

  1. Isi bak mandi dengan empat inci air hangat dan nyaman.
  2. Duduklah di bak mandi dengan lutut ditekuk dan dekat dada.
  3. Duduk selama lima menit.
  4. Isilah bak mandi dengan air dingin.
  5. Duduk dalam air dingin dengan cara yang sama selama satu menit.
  6. Ulangi langkah-langkah ini tiga kali.

Terapi Wasir Lainnya


Aromaterapi untuk Wasir - Beberapa minyak esensial, termasuk cemara, geranium, dan mur, dapat digunakan dalam bak mandi saat terapi hangat dingin sebagai kompres.

Pengobatan Ayurvedic untuk Wasir - Perawatan dapat melibatkan perubahan pola makan, pengurangan stres (termasuk meditasi), dan terapi herbal (dengan herbal astringent).

Detoksifikasi, Puasa - Puasa dapat meredakan sembelit.

Yoga untuk Wasir - Yoga menawarkan latihan untuk meringankan sembelit dan meningkatkan sirkulasi.

Demikian sekilas informasi perawatan alternatif untuk wasir. Semoga informasi cara obat alami wasir ini bermanfaat.