5 pengalaman pertama yang bikin perempuan tegang

Inilah 5 pengalaman siklus tubuh pertama yang bikin perempuan tegang seperti dirangkum detikHealth.

1. Haid Pertama

Haid pertama bisa menjadi hal yang menegangkan bagi perempuan. Awal pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi pada rentang usia 8 hingga 13 tahun. Sedangkan menstruasi pertama secara normal akan terjadi kurang lebih dua tahun setelah awal pubertas yang ditandai dengan pembesaran payudara.

2. Malam pertama

Malam pertama adalah malam yang paling menyenangkan sekaligus menegangkan bagi kaum perempuan. Dan tidak semua perempuan dapat mengalami malam pertama dengan menyenangkan terutama akibat disfungsi s3ksual.

3. Hamil pertama

Pengalaman hamil anak pertama juga banyak membuat perempuan tegang. Berbagai fase dialami untuk pertama kalinya, seperti mual dan muntah saat morning sickness, ngidam, merasakan gerakan-gerakan sang bayi, USG dan melihat kondisi janin. Pengalaman pertama ini biasanya membuat perempuan tegang atau malah sangat bersemangat.

4. Melahirkan pertama

Melahirkan adalah momen yang besar dalam kehidupan perempuan. Ada yang mengatakan ini adalah momen di mana sang ibu berada pada ambang hidup dan mati, mempertaruhkan nyawa demi kehidupan baru bayinya. Tak heran bila pengalaman pertama melahirkan membuat tegang banyak perempuan.

5. Menopause pertama

Menopause membuat banyak perempuan tegang karena di fase inilah tubuh perempuan tidak lagi memproduksi hormon estrogen. Dampaknya, banyak perempuan yang tidak lagi bisa menikmati hubungan seksualnya dengan suami dan berhentinya sistem reproduksi.

Selain itu, dari sisi medis menopause juga membuat perempuan berisiko lebih tinggi mengalami beberapa penyakit serius, seperti osteoporosis, kanker ovarium dan usus besar, penyakit gusi (periodonyal), kehilangan gigi dan katarak, bahkan penyakit jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular lainnya.
health.detik.com