Atasi nyeri lambung dengan brokoli

Brokoli, sayuran hijau yang mirip dengan kembang kol ini ternyata mengandung nutrisi tinggi, ia mempunyai kandungan vitamin C tinggi juga vitamin A dan antioksidan untuk mengembalikan lambung yang nyeri.

Sayuran turunan kubis-kubisan ini dipercaya mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya berkaitan dengan permasalahan kesehatan lambung. Selain itu, kandungan serat pada brokoli bisa mencegah timbulnya sembelit.

Atasi nyeri lambung dengan brokoli

Brokoli, karena kandungan gizinya, juga baik dikonsumsi untuk menekan risiko gangguan pada sistem pencernaan, misalnya maag dan infeksi lambung.

Para ahli menemukan fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan bisa melindungi menusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, hingga kanker perut. Hali ini karena brokoli memiliki sulforaphane, zat yang baik untuk keseimbangan lambung.

Cara Mengkonsumsi Brokoli

Ada banyak cara dalam mengonsumsi brokoli, diantaranya yaitu dengan cara dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Jika anda ingin mengkonsumsi langsung, selain dipakai sebagai lalapan bisa juga untuk campuran salad yang dipadukan dengan sayuran lainnya.

Brokoli yang dimakan anak-anak bisa dengan cara direbus terlebih dahulu atau boleh juga dikukus setengah matang dan dimakan dengan saus, atau bisa juga divariasikan dengan cara menggoreng dengan tepung untuk lauk. Perlu diperhatikan, jika anda mengukus brokoli, sebaiknya jangan melakukan pengukusan lebih dari lima menit. Hal ini mengngat kandungan gizi pada brokoli justru bisa hilang.

Dan sebagai tips tambahan, sebelum dikonsumsi brokoli ada baiknya dicuci dulu dengan memakai air yang dingin dan mengalir, jangan direndam ya. Soalnya, jika dicuci dengan cara direndam akan melarutkan zat yang terkandung dalam brokoli .